Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Wisata ke Penang

Tahun lalu, Ibu dan Aku membahas topik wisata kuliner di Medan - Sumatra Utara . Mom bisa melihat artikel nya di sini http://bit.ly/ibudanaku01 dan kali ini, kita ingin melanjutkan perjalanan wisata ke Penang. 

Featured Story

Apakah Si Kecil Sudah Termasuk Anak yang Prososial?

 

Penang yang terletak di pantai barat Semenanjung Malaysia dahulu lebih terkenal dengan nama Pulau Pinang beribu kota Georgetown, telah menjadi salah satu tujuan wisata favorit masyarakat Medan dan Aceh karena jaraknya yang relatif dekat dan mempunyai cita rasa makanan kaya rasa. 

 

Gelar “The Best Street Food in Asia” pun diberikan oleh majalah TIME tahun 2004 karena perpaduan cita rasa makanan dari Cina, Melayu, India hingga Thailand. Selain berwisata kuliner, Penang juga terkenal dengan bangunan arsitektur tua yang terawat dan terlindungi dengan memadukan gaya arsitektur Cina, Melayu serta Eropa.

 

 

Bagaimana cara menuju ke Penang

 

Mom dapat menempuh rute penerbangan dari : Jakarta – Medan – Penang atau Jakarta – Penang. Maskapai yang bisa mom pilih antara lain: Tiger airways, Air Asia, Garuda Indonesia dan JetStar . Untuk harga yang bersaing, coba bandingkan tiket maskapai penerbangan Air asia dan Tiger airways.

Sesampainya di Penang International Airport di daerah Bayan Lepas, mom dapat menggunakan taksi sekitar 30 menit dengan biaya RM 2.70 (atau sekitar Rp 8.500) untuk menuju daerah seputar Georgetown. Sekedar catatan, bahwa kurs yang berlaku saat ini RM 1 = Rp 3,200 . 

 

Transportasi 

 

Kota Penang mempunyai sarana transportasi umum yang aman dan nyaman disebut Rapid Penang dengan halte bus yang memudahkan mom sekeluarga untuk turun naik dan berubah rute sesuai tujuan lokasi wisata. Ketika memasuki bus, mom akan diminta untuk memasukkan koin atau uang kertas ringgit Malaysia sesuai rute tujuan kedalam mesin. Sehingga siapkan uang pas, karena di sini tidak tersedia kondektur yang akan memberikan uang kembalian. Untuk mengetahui berapa biaya menuju rute, silahkan bertanya kepada supir bus. 

Untuk menghemat biaya perjalanan, mom dapat membeli Rapid Pass Bus di stasiun LRT. Dengan membayar RM 10, mom akan mendapatkan Touch ‘n Go cards lalu mom bisa memilih biaya perjalanan mulai dari 1, 3, 5, 7, 15 dan 30 hari. Oiya, mereka hanya menerima uang tunai untuk pembelian kartu ini. 

 

Wisata di Penang

 

- Wisata kuliner

Untuk memuaskan selera kuliner mom sekeluarga, mom bisa menuju Gurney Drive sebuah pusat jajana yang berdekatan dengan Gurney Plaza yaitu pusat perbelanjaan terbesar di Penang. Nikmati makanan khas Penang seperti Asam Laksa (walaupun namanya laksa, tapi rasanya lebih mirip seperti bumbu rujak), Char Kway Teow (kwetiau dengan udang) atau juga Penang Prawn Mee. 

Cicipi juga lokasi kuliner lain yang berada di seputar Penang seperti Pulau Tikus, Penang Road, Chulia Street atau Lorong Baru (New Lane). Setelah menyantap makanan berat, tiba waktunya untuk dessert. Ada kue trasional seperti Apom (kue apem), Teochew Cendul (cendol) dan Rojak. 

Rojak mirip namanya dengan Rujak yang kita kenal, namun disini cita rasa nya berbeda. Di Penang, Rojak tampil dengan potongan buah, cumi dan tahu yang disiram gula aren dan petis yang pekat. Rasanya : manis, asem dan gurih menjadi satu.

 

- Objek Wisata

Salah satu kuil tua yang menakjubkan, bisa mom temui disini. Adalah Kek Lok Si Temple yang dibangun pada tahun 1890, memiliki pagoda 7 tingkat yang dinamakan Pagoda of 10.000 Buddhas dan menjadi daya tarik khas kuil serta tempat wisata ini. Pada tahun 2002, di bukit bagian atas kuil berdiri patung perunggu raksasa Dewi Kuan Yin, setinggi lebih dari 30 meter.

Nikmai panorama spektakuler dari Bukit Bendera atau Penang Hill. Dimana mom sekeluarga akan menaiki bukit setinggi 700 meter dari permukaan laut dengan menggunakan kereta yang menanjak 45 derajat selama 30 menit. Untuk tarif kereta pergi-pulang ini memakan biaya RM 30.

Ingin menikmati daerah pantai dan perbukitan di Penang? Mom bisa mengungjungi pantai Batu Ferringhi (Foreigner’s Rock). Di sini selain mom menikmati panorama pantai, bisa juga mengunjungi Tropical Spice Garden. Dimana terdapat sekitar 500 varietas flora eksotis, rempah, dan fauna. Sebaiknya mom menyempatkan untuk menginap di daerah sini. Terdapat berbagai hotel dan resort berjajar di sepanjang pantai Feringhi. 

 

- Rekreasi Sambil Berobat

Malaysia terkenal sebagai top 5 tujuan wisata medis di seluruh dunia dan Penang memberikan kontribusi sebesar 70% dari industri medis kepada Malaysia. 

Rumah sakit swasta di Penang dilengkapi fasilitas medis terbaru serta tenaga medis yang handal dan sigap. Biaya pengobatannya pun cukup terjangkau sehingga banyak orang Indonesia memilih berobat ke sana. Beberapa perawatan kesehatan yang populer antara lain bedah kosmetik dan rekonstruksi, ortopedi, bedah umum, serta kesehatan mata. 

Beberapa rumah sakit unggulan yang tergabung dalam Penang Health Group, yaitu Gleneagles Medical Center, Island Hospital, Loh Guan Lye Specialists Centre, Pantai Hospital, Penang Adventist Hospital, Mount Miriam Cancer Hospital, dan Hospital Lam Wah Ee.

Sebagai pasien baru, sebaiknya mom mengirim email terlebih dahulu dalam bahasa Inggris mengenai status dan kondisi kesehatan mom atau keluarga yang ingin diperiksakan kepada pihak rumah sakit yang mom kehendaki. Lalu lihat respon dari mereka. Respon yang bagus, jika rumah sakit tersebut langsung meneruskan email kepada dokter yang bersangkutan dengan penyakit penderita. Lalu dari situ mom bisa balas-balasan email untuk bertanya lebih detil mengenai pengetahuan dokter mengenai penyakit dan bikin janji untuk pertemuan. Mom juga dapat bertanya mengenai biaya adminstrasi dan lain-lain kepada pihak costumer service rumah sakit. 

Inilah segelintir alasan, mengapa Penang menjadi tujuan wisata favorit. Bagaimana dengan mom? Kemanapun tujuannya, pastikan anak-anak tetap enjoy selama berlibur. Selamat liburan mom…

Nia Ionia
mau bangeeet,,
Nia Ionia
andai ja admin ngadain kuis yg hadiahnya liburan ke Malaysia
Explore More

Duh, Anak Tak Mau Berpisah!

Tips & Trick- 05 Aug 2015

Tanda Anak Sakit

Article- 24 Mar 2015

Ini Cara Mengasah Sikap Optimis Anak

Article- 21 Dec 2016