Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Jaga Keamanan Anak dan Privasinya, Hindari Unggah Foto-Foto Ini

Saking senangnya dengan perkembangan dan kelucuan anak, tidak sedikit orangtua yang mengunggah foto ke media sosial. Tapi ada baiknya Mom lebih berhati-hati dalam memamerkan foto buah hati. Tidak hanya membuat anak terkadang jadi malu, tapi juga dapat meningkatkan potensi anak untuk menjadi incaran predator seks yang tersebar di dunia maya. 

Featured Story

Kenali Rambu-Rambu Main Video Game Buat Anak

Untuk menjaga keamanan anak, hindari memasang foto-foto ini ke media sosial.

  1. Anak Sedang Mandi

     

    Foto anak yang sedang mandi tanpa mengenakan baju memang dapat terlihat menggemaskan. Tapi momen di mana anak memperlihatkan area intim bisa disalahgunakan di tangan orang yang tidak bertanggung jawab, salah satunya menjadi koleksi foto bagi predator seks online. Walau menurut Mom waktu anak mandi terlihat cukup lucu, sebaiknya simpan sebagai koleksi pribadi dan jangan memasangnya di media sosial. 

  2. Di Toilet

     

    Mirip dengan foto anak mandi, memotret anak yang sedang berada di toilet juga dapat meningkatkan rasa penasaran para pedofil seks, yang mengincar foto anak-anak sebagai korbannya. Selain itu, Mom perlu ingat efek jangka panjangnya, karena internet tidak mengenal waktu. Sekali memposting foto ini ke media sosial, maka akan terus ada dan dapat dilihat sendiri oleh anak yang sudah beranjak remaja. Wah bisa bikin malu dan marah karena privasinya tidak dihargai, lho!

  3. Melakukan Rutinitas Harian

     

    Senangnya melihat anak bersekolah dengan riang sehingga Mom memutuskan untuk memotret dan mengunggahnya ke media sosial. Namun tanpa disadari, hal ini menyebabkan data pribadi anak jadi menyebar, mulai dari nama lengkap hingga alamat sekolah.

    Mom masih boleh kok mengabadikan rutinitas hariannya sebagai kenang-kenangan, tapi jangan sampai membeberkannya di media sosial. Mulai dari lokasi, jadwal sekolah, jam masuk, dan keluar sekolah. Hal ini bermaksud untuk melindungi anak dari risiko penculikan, yang kini kian marak terjadi.

  4. Aktivitas Berbahaya

     

    Menampilkan foto saat Mom menyetir mobil sambil memangku anak atau mendudukkan anak di pinggir jendela mungkin akan membuat Mom bangga, karena tidak semua orang berani melakukannya. Alih-alih mendapat pujian, Mom akan mendapat kecaman karena teledor dalam mengasuh dan mendidik anak. Bagaimana juga jika ada orang lain yang melihat aksi nekat ini kemudian mencobanya, bisa-bisa terjadi musibah yang dapat membahayakan orangtua dan anak.

    Sebelum memajang foto anak ke media sosial, coba posisikan Mom berada di posisi yang sebaliknya. Jika merasa keberatan, maka sebaiknya jangan mengunggah foto tersebut untuk diketahui banyak orang.

Mamanya Chrisna
setuju sekali
Mamanya Chrisna
setuju sekali
Explore More

Aktivitas Asyik untuk Melatih Fisik

Tips & Trick- 07 Oct 2015

Hentikan Bullying dengan Kiat-Kiat Ini

Article- 10 Nov 2017

Duh, Anak Susah Untuk Minum Obat

Article- 01 Mar 2017