Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

5 Cara Mudah Mengatasi Anak yang Susah Minum Obat

Membujuk anak untuk meminum obat memang gampang-gampang susah, ya, Mom. Walau bermacam merk obat anak sudah banyak diberi rasa dan aroma yang enak, tetap saja tak mudah. Bila anak Mom rewel dan terus-terusan menolak, tetap tenang, Mom. Lebih baik cari tahu berbagai cara ampuh untuk membujuknya. Karena, anak yang sedang sakit umumnya tidak berada dalam kondisi mood yang baik. Untuk itu, butuh trik jitu supaya ia mau minum obat secara sukarela demi kesembuhannya.

Featured Story

Ajarkan Anak Gunakan Kotak P3K

Inilah 5 cara untuk mengatasi anak susah minum obat tanpa harus memaksa.

  1. Hindari menakut-nakutinya

    Daripada menakut-nakutinya dengan kalimat seperti, “Nanti kamu nggak sembuh-sembuh, lho.” Lebih baik Mom menjelaskan konsekuensi dengan cara yang menarik. Karena, anak-anak akan lebih mudah memahami suatu situasi bila dijelaskan konsekuensinya.

    Dalam hal ini, anak Mom perlu tahu bahwa dirinya bisa kembali sehat bila meminum obat. Sehingga bisa cepat bermain bola, hujan-hujanan, jalan-jalan, dan berbagai hal menyenangkan yang adapat ia lakukan kala sedang sehat.

  2. Beri contoh

    Anak-anak cenderung suka meniru orang lain, apalagi jika yang ditiru adalah sosok idolanya, seperti Mom. Maka, beri contoh langsung padanya. Minumlah obat anak Mom sedikit saja agar dosisnya lebih rendah, sehingga tak menimbulkan efek samping. Perlihatkan ekspresi antusias dan senang saat Mom meminum obat. Lalu, ucapkan kalimat penguat, misalnya, “Wah… setelah minum obat, pusing di kepala Mom akan hilang. Terus, Mom bisa sehat lagi dan bermain bareng kamu lagi, deh.”

  3. Main dokter-dokteran

    Main dokter-dokteran merupakan salah satu role play yang efektif saat membujuknya. Gunakan boneka kesayangannya sebagai pasien yang sakit, sedangkan anak Mom berperan sebagai dokternya. Lalu, mainkanlah peranan dokter memberi obat kepada boneka yang sakit. Dengan permainan ini, anak Mom akan merasa terlibat dan lebih enjoy. Sehingga, kemungkinan besar ia akan meminum obatnya secara sukarela tanpa merasa dipaksa.

  4. Bujuk melalui cerita

    Membacakan cerita juga bisa jadi sarana yang efektif untuk membujuk anak. Misalnya, ketika hendak membujuk anak Mom untuk meminum obat agar batuk dan pileknya sembuh.

    Selain melalui buku anak yang bertema tentang kesehatan, Mom juga bisa menjadikan bungkus obat batuk anak seperti OBH Combi Anak Batuk Plus Flu sebagai kontennya. Deskripsikan tentang nikmatnya rasa apel, madu, atau jeruk pada OBH Combi Anak Batuk Plus Flu, lalu jadikan tokoh pada gambar sebagai objek cerita.

    Ceritakan bahwa sang tokoh pernah mengalami batuk dan pilek seperti yang anak Mom rasakan. Setelah minum obat dengan rasa yang nikmat dan segar, kini sang tokoh bisa kembali sehat dan ceria. Dia senang bisa bermain kembali bersama teman-temannya.

  5. Biarkan ia memilih rasa obat

    Setelah membacakan cerita, minta ia memilih sendiri obat dengan rasa yang disukainya. Obat-obatan untuk anak biasanya memiliki beberapa pilihan rasa. Kesempatan seperti ini juga efektif agar Mom lebih mudah membujuknya untuk minum obat.

 

Mudah, kan? Selamat mencoba ya, Mom.

Rahma Dhika
Terima kasih infonya sangat bermanfaat
Sri Maryati
Wah cara yang bagus nih buat si kecil biar mau minum obat
Explore More

Seberapa Penting Zat Besi Bagi Anak?

Article- 29 Mar 2017

Remaja dan Idola

Article- 30 Oct 2012

Yuk, Menyusun Resolusi Tahun Baru, Nak!

Article- 16 Dec 2015