Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Cara Mudah Perkenalkan Reduce, Reuse dan Recycle Pada Anak

Ada banyak cara untuk membantu mengajar anak tentang bagaimana menciptakan perubahan positif bagi lingkungan sekitar. Salah satu cara termudah adalah dengan memberikan contoh.

Featured Story

5 Cara Mudah Menelusuri Minat Anak Sejak Dini

Tidak hanya menampilkan dan memberi tahu bagaimana melakukan hal-hal tertentu setiap hari, Mom juga menanamkan kebiasaan baik seumur hidup anak. Mulailah dengan membicarakan 3R, yaitu Reduce, Reuse dan Recycle dengan cara-cara ini.

  1. Mengurangi Penggunaan Kertas

    Selain berhemat, mengurangi penggunaan kertas artinya lebih sedikit sampah kertas yang terbuang. Ada banyak cara untuk melakukannya, misalnya dengan menggunakan kedua sisi kertas saat menulis atau mewarnai dan menyimpan kertas bekas kado yang kondisinya masih baik. Mom juga bisa memilih menggunakan media online untuk membaca buku atau majalah dan menghemat pemakaian kertas, yang jadi bahan baku utama.

  2. Menyumbangkan Mainan

    Salah satu langkah reuse yang bisa melibatkan anak-anak, adalah dengan menyumbangkan mainan pada yang lebih membutuhkan. Hal ini dapat mengurangi sampah atau membeli barang baru, sekaligus mengajarkan anak untuk memiliki kerelaan untuk berbagi.

    Minta anak untuk memilah-milah mainan yang sudah tidak pernah dimainkan lagi namun masih dalam kondisi yang baik. Masukkan ke dalam kotak dan sumbangkan ke panti asuhan atau yayasan sosial yang membutuhkan.

  3. Memanfaatkan Wadah Bekas

    Trik reuse lainnya yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan memanfaatkan wadah bekas. Bahan karton tebal, kaca, hingga plastik tebal dapat dijadikan tempat penyimpanan yang membuat ruangan menjadi lebih rapi. Agar tampak menarik, Mom dapat mengajak anak untuk membungkusnya dengan kertas atau menghiasnya menjadi karya seni yang apik.

    Selain dijadikan tempat penyimpanan pensil dan pernak-pernik berukuran kecil, bisa juga memanfaatkannya sebagai pot tanaman. Gunakan untuk menyemai benih, sebelum memindahkannya ke wadah yang lebih besar. Tidak hanya mengurangi sampah, tapi juga membuat lingkungan lebih hijau dan asri.

  4. Membuang Sampah Sesuai Jenisnya

    Melakukan recycle di rumah sendiri memang tidak mudah, tapi Mom dapat memulai kebiasaan ini dengan menyediakan tempat sampah yang berbeda. Gunakan satu tempat sampah untuk menampung sisa-sisa makanan dab bersifat organik, satu untuk sampah kertas, dan satu lagi untuk kaca, kaleng maupun plastik.

    Ajarkan pada anak untuk memilah sampah untuk memudahkan pengelolaan sampah. Jika mau, sampah rumah tangga dapat diubah menjadi pupuk kompos dengan cara sederhana. Sampah berkurang, tanaman pun tumbuh subur tanpa mengeluarkan banyak uang.

  5. Tanamkan kebiasaan reduce, reuse, recycle sejak dini untuk menumbuhkan kepedulian anak terhadap lingkungan sekitar.

Fitriamarieindarto Goodmorning
Ya betul...tanamkan kpd si kecil
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Ketika Anak Mulai Berkata Kasar

Article- 15 Dec 2014

Permainan Balok Susun untuk Anak Usia 4...

Article- 07 May 2014

Merencanakan Pesta Akhir Tahun untuk Anak...

Tips & Trick- 17 Dec 2013