Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Latih Mental Anak Dengan Olahraga

Walau pada awalnya melelahkan, olahraga bisa menjadi aktivitas menyenangkan apabila rutin dilakukan. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), seorang anak membutuhkan sekitar 60 menit berolahraga fisik setiap hari. Total 60 menit ini tidak harus didapatkan dalam satu waktu yang sama, tapi dapat dijumlahkan dalam sehari menjadi 60 menit.

Featured Story

Ajari Anak Mengendalikan Emosi

 

AAP juga menjelaskan, di samping menunjang kesehatan fisik, olahraga ternyata memiliki manfaat lain bagi anak, yaitu terhadap perkembangan mental yang sehat.

 

Dengan mengetahui manfaat yang disajikan dari kegiatan olahraga, yuk, ajak anak Mom berolahraga dengan cara yang menyenangkan.

 

Di tahap awal, pilih saja olahraga sambil bermain seperti lempar tangkap bola, memasukkan bola ke dalam ember, berenang, atau sepeda santai. Jika anak diperkenalkan dengan suatu aktivitas secara menyenangkan, biasanya ia akan selalu antusias menjalaninya.

 

Lalu, saat minat berolahraganya semakin meningkat, Mom dapat mengenalkan ke level olahraga yang lebih tinggi, seperti sepakbola, lari, basket, atau jenis olahraga lain yang memiliki aturan instruktif. Bila perlu, daftarkan anak Mom pada klub latihan olahraga.

 

Dari rutinitas olaharaga yang kompetitif, rasa percaya diri anak akan tumbuh. Anak Mom akan berusaha mengerahkan kemampuan terbaiknya untuk memenangkan setiap pertandingan yang dilakukannya. Rasa percaya dan menghargai kemampuan orang pun akan berkembang karena selalu bekerja sama dengan teman satu tim dalam setiap pertandingan.

 

Ketika anak mengalami kekalahan, tetaplah memberikan arahan positif seperti “Ayo, nak, lebih fokus dan rajin berlatih agar semakin jago menendang bola.”

 

Kemudian, kembangkan sikap sportivitas anak dengan menjelaskan bahwa saat itu ia kalah karena lawan memiliki persiapan yang matang, sehingga tim lawan lebih unggul. Bila menang, jangan lupa untuk memberi hadiah berkesan agar anak Mom semakin bersemangat.

 

Segala bentuk dorongan dalam setiap hal yang dilalui anak dalam berolaharga, lambat laun akan menumbuhkan mental juara sang anak. Anak akan selalu mengingat dan menerapkan semua pelajaran yang diperolehnya. Hal ini secara perlahan membentuk mental positif untuk anak dalam menghadapi setiap permasalahan, bukan hanya dalam bidang olahraga.

 

Jika sudah suka, seringkali anak bisa sangat antusias berolahraga hingga tak peduli dengan kondisi cuaca. Bahkan dalam kondisi hujan pun ia bisa semakin senang melakukannya. Jika hal itu menyebabkan anak mengalami flu dan batuk, berikan OBH Combi Anak Batuk Plus Flu. Variasi rasa yang menyegarkan dan kandungan ekstrak Succus Liquiritiae efektif meredakan batuk dan flu secara nyaman dan aman.

 

Ayo, olahraga agar tubuh dan mental sama-sama kuat dan sehat. Semangat!

Fitriamarieindarto Goodmorning
Yuk olahraga bareng si kecil
Lily Aguslianawaty
Setuju banget min
Explore More

Singkirkan Gadget, Kenalkan Permainan...

Article- 10 Nov 2017

Menerapkan Disiplin Sesuai Usia Anak

Tips & Trick- 06 Jan 2017

Yuk, Stop Jajan Sembarangan!

Article- 23 Dec 2016