Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Agar Punya Waktu Main, Belajar Harus Lebih Efektif, Ini Caranya!

Sering merasa kurang sabar saat melihat Anak membutuhkan waktu terlalu lama untuk mengerjakan tugas? Biasanya saat belajar atau menyelesaikan pekerjaan rumah, Anak cenderung teralihkan perhatiannya, sehingga membuatnya terus menunda-nunda. Akibatnya, bukan hanya membuat Anak mudah lelah dan bosan tapi juga bisa memotong jatah waktu bermain.

Featured Story

Anak Juga Butuh Me Time Sebagai Selingan Belajar

Agar kegiatan belajar di rumah jadi lebih efektif, Anak wajib memiliki kebiasaan belajar yang baik. Dimulai dari beberapa cara berikut ini.

  1. Meringkas Catatan Penting di Sekolah

    Biasanya, Anak diharapkan mencatat hal-hal yang diajarkan guru di kelas. Sayangnya, teori yang terlalu panjang terkadang membuat Anak malas untuk mempelajarinya kembali. Berikan saran pada Anak untuk meringkas hal-hal penting dalam sebuah catatan. Cara ini tidak hanya membuatnya lebih mudah dan cepat dalam mengerjakan pekerjaan rumah, tapi juga selalu siap saat harus menghadapi ujian.

  2. Membuat Perencanaan

    Yuk, bantu Anak untuk membuat rutinitas belajar yang akan dilakukan setiap hari. Bicarakan tentang waktu, tempat, hingga cara Anak yang paling nyaman dalam belajar. Misalnya awali dengan memakan kudapan ringan setelah pulang sekolah, beberapa menit bermain di luar rumah, kemudian kembali untuk belajar hingga waktunya beristirahat.

    Melibatkan Anak untuk ikut mengatur jadwal belajar akan membuatnya merasa dihargai dan tanpa merasa ditekan untuk belajar. Anak jadi lebih enjoy mengerjakan tugas dan mengulang kembali pelajarannya tanpa harus dipaksa oleh orangtua.

  3. Memprioritaskan Tugas yang Lebih Berat

    Tidak jarang Anak pulang dengan membawa beberapa pekerjaan rumah yang harus selesai keesokan harinya. Jangan biarkan Anak kewalahan dengan tugasnya karena akan membuat ia merasa malas atau bahkan tertekan. Tapi bukan berarti Mom ikut-ikutan mengerjakan tugas sekolahnya, lho.

    Bantulah dengan membantu merencanakan pekerjaan mana yang sebaiknya diprioritaskan. Misalnya minta ia untuk mengerjakan tugas yang membutuhkan lebih banyak waktu, seperti membuat karya seni. Setelah itu, baru menghadapi tugas yang dapat dikerjakan dalam waktu singkat. Keberhasilannya dalam menyelesaikan tantangan yang cukup berat dapat memberikan suntikan semangat dan percaya diri.

  4. Menata Tempat Belajar

    Bergantung pada kondisi rumah Mom, berikan Anak sebuah meja di kamar tidurnya atau bagian lain dari ruangan. Bisa juga menciptakan area kerja di meja dapur atau ruang keluarga, jika memiliki keterbatasan tempat. Tapi sebaiknya, pastikan ruang belajar Anak jauh dari gangguan seperti televisi, gadget, atau aktivitas keluarga lainnya.

    Bantu Anak untuk mengatur meja belajar, sehingga memudahkannya untuk menyelesaikan pekerjaan rumah dengan lebih efektif. Berikan semua bahan yang diperlukan, seperti pensil, kertas, lem, hingga klip kertas. Tata agar tetap rapi dan bersih, sehingga Anak jadi betah dan bersemangat belajar.

    Agar waktu belajar dan bermain tetap seimbang, yuk dorong Anak miliki kebiasaan belajar yang lebih efektif.

Explore More

Liburan Di Rumah, Sama Serunya!

Tips & Trick- 08 Jun 2015

Bisa, Kok, Beraktivitas Seru Tanpa Gadget!

Article- 06 Dec 2016

Tips Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan...

Article- 03 Dec 2013