Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Seimbangkan Waktu Belajar dan Bermain dengan Rutinitas Sepulang Sekolah

Anak-anak sekarang banyak dihadapkan dengan jadwal harian yang tak kalah padat dengan orangtuanya. Sepulang sekolah, mereka terkadang masih disibukkan oleh berbagai kegiatan, mulai dari mengikuti ekstrakurikuler, bimbingan belajar, atau mengerjakan tugas sekolah. Lalu, kapan mainnya, Mom?

Featured Story

Berapa Lama Sih Waktu Bermain yang Tepat untuk Anak? Ini Jawabannya

Jangan sampai anak kehilangan masa seru dan menyenangkan dengan bermain hingga puas. Yuk, bikin jadwal sepulang sekolah yang tepat bagi anak, sehingga mereka tetap merasa enjoy dan bebas stres.

  1. Menyediakan Waktu untuk Berganti Pakaian

    Setelah sampai di rumah, berikan waktu pada anak untuk berganti pakaian terlebih dahulu, sebelum beralih ke aktivitas yang lain. Mom bisa mengajak anak ke kamar dan beritahukan apa saja yang harus dilakukan. Mulai dari melepas sepatu dan kaus kaki, meletakkan pakaian kotor di tempatnya, atau meletakkan tas sekolah di tempatnya.

    Gunakan kesempatan ini juga untuk menanyakan apa saja yang anak lakukan di hari ini. Untuk anak yang lebih kecil, bantu untuk melepas seragam dan mengenakan baju rumah. Sedangkan untuk anak yang lebih besar cukup ingatkan saja untuk melatih rasa tanggung jawab dan kemandirian.

  2. Menikmati Camilan
  3. Jika anak mulai rewel saat dijemput di sekolah atau saat sampai di rumah, mungkin mereka membutuhkan camilan yang sehat dan enak. Tawarkan kudapan sehat favorit mereka, terutama yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi untuk mengembalikan energi yang terkuras.

    Mom bisa menyediakan keju dan biskuit, irisan keju dan selai kacang, maupun yogurt dan granola. Susu dan biskuit manis biasanya akan diminta oleh anak-anak, tapi kadar gulanya yang tinggi bisa memicu mood swing, jadi alihkan saja ke menu kudapan yang lebih sehat, Mom.

  4. Bermain di Dalam maupun Luar Ruangan

    Setelah menghabiskan seharian untuk duduk di dalam kelas, isi rutinitas sepulang sekolah dengan aktivitas yang menyenangkan. Ajak anak ke taman atau halaman rumah untuk bermain, menaiki sepeda, memainkan bola, atau sekadar berjalan-jalan di sekitar komplek rumah. Jika cuaca tidak memungkinkan untuk beraktivitas di luar ruangan, mainkan board game seru bareng sekeluarga atau menari diiringi musik.

  5. Mengerjakan Tugas yang Diberikan

    Terkadang mendapat pekerjaan rumah membuat anak-anak merasa terbebani ketika pulang dari sekolah. Setelah mengganti baju, menikmati kudapan, dan bermain, tanyakan pada mereka apakah anak-anak ingin istirahat terlebih dahulu sebelum mulai mengerjakan pekerjaan rumah.

    Sediakan ruang yang terhindar dari gangguan, seperti suara televisi, lalu lalang kendaraan, hingga interaksi dengan anggota keluarga lainnya. Berikan waktu 20 menit untuk belajar, jika perlu gunakan timer, lalu biarkan ia beristirahat selama lima menit untuk menjaganya tetap termotivasi.

    Memiliki rutinitas sepulang sekolah ternyata tidak kalah pentingnya dibanding saat berangkat ke sekolah. Sesuaikan dengan kebutuhan anak-anak, untuk menjaga keseimbangan antara waktu belajar dan bermain di rumah.

Explore More

Anak Mom Cengeng? Ini Cara Mengatasinya

Article- 02 Feb 2017

Bisakah Anak Berumur 2 Tahun Belajar...

Article- 06 Sep 2017

Hindarkan Anak dari Dehidrasi

Article- 23 Dec 2016