Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Aktivitas Bersama Anak untuk Sebarkan Cinta pada Sesama

Mengungkapkan cinta kasih tidak harus menunggu hari spesial tertentu, seperti ulang tahun atau hari Valentine. Mom bisa membantu anak mengekspresikan rasa kasih sayang pada sesama dengan cara-cara sederhana berikut ini.

Featured Story

Cara Ampuh Ajak Anak Bereskan Mainannya

  1. Memberikan Hadiah pada Teman Sekolah

    Anak yang sudah mulai masuk sekolah dapat memberikan perhatian pada teman-temannya. Bagikan cokelat yang Mom bantu untuk membuatnya sendiri, biskuit yang dikemas menarik dalam dus mungil atau lollipop favorit. Ingatkan juga untuk memberikannya pada para guru yang selama ini telah menemaninya bermain dan belajar. Hal kecil ini bisa menimbulkan kesan yang tak terlupakan lho, Mom.

  2. Kartu Buatan Sendiri

    Bayangkan betapa gembiranya kakek dan nenek yang mendapat kartu buatan anak untuk menyatakan rasa cintanya. Bantu anak untuk memotong kertas, menempelkannya dan menghiasnya menjadi kartu yang unik dan menarik. Jangan hanya berhenti di situ, Mom juga bisa mengajaknya menjenguk kakek-nenek dan memberikan kartu-kartu buatan sendiri. Dijamin hari mereka semakin cerah dengan senyum ceria menghiasi wajahnya.

  3. Menjadi Relawan

    Tidak harus dalam bentuk hadiah, seperti bunga, kartu, atau makanan, Mom bisa mengajak anak untuk menjadi relawan, sebagai bentuk kasih sayang pada lingkungan. Kadang-kadang sulit untuk menemukan peluang untuk anak-anak karena batas usia yang ditentukan. Sesuaikan dengan kemampuan anak, misalnya memilah makanan yang akan diberikan pada para tunawisma, membantu membersihkan lingkungan saat kerja bakti atau bermain bersama anak-anak di panti asuhan.

    Sebelum memulai kegiatan sosial, diskusikan dengan anak untuk mempersiapkannya menghadapi pekerjaan atau pengalaman yang akan didapatkan. Susan Crites Price, penulis Generous Genes: Raising Caring Kids in a Digital Age juga menyarankan untuk menanyakan apakah anak enjoy melakukannya dan ingin melakukannya lagi, atau mencoba kegiatan lain yang berbeda. Hargai pendapatnya dan sebisa mungkin jangan memberikan paksaan atau tekanan.

  4. Pay-It-Forward

    Mom mungkin pernah menonton film dengan judul yang sama, yang menceritakan keyakinan seorang anak untuk menyebarkan kasih sayang, dengan meminta orang yang dibantunya untuk melakukan kebaikan. Dorong anak untuk mengijinkan temannya bermain terlebih dahulu di playground atau mengingatkannya untuk berbagai kudapan bersama orang lain yang ada di sekitarnya. Percaya deh, hal baik yang dilakukan, walau terasa kecil, dapat membuat orang lain merasa lebih baik dan tidak segan untuk meneruskannya.

Fitriamarieindarto Goodmorning
Si kecil jg suka membuat kartu buat teman ato sodara
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Bagaimana Berkomunikasi Dengan Anak

Tips & Trick- 26 Feb 2014

Perlengkapan Wajib di Musim Hujan

Article- 23 Nov 2015

Menyiapkan Anak Menginap Sendiri Di Rumah...

Article- 06 Jan 2017