Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Anak Cengeng? Apakah Dia Sudah Cukup Diberi Pujian?

Dino, anak umur 5 tahun begitu mudahnya menangis hanya karena sebab-sebab masalah kecil. Ketika Ibu melarangnya membeli es krim, ketika terjatuh di halaman, ketika permennya jatuh, atau hanya sekedar diejek oleh temannya.

Featured Story

Kenali dan Cegah Penyakit ISPA Pada Anak Sekarang Juga!

 

Merasa aman adalah salah satu kebutuhan manusia. Orang yang tidak merasa aman atau nyaman akan memiliki ketakutan terhadap suatu hal. Anak bisa merasa tidak aman ketika Ibu tidak berada didekatnya. Sebaiknya orangtua tidak memaksa anak untuk menghilangkan rasa takutnya, seperti dengan komentar “tidak usah takut!” “ah begitu saja kok takut”. Mengganti kata-kata tersebut dengan pelukan terlebih dahulu akan menimbulkan rasa aman pada anak, kemudian 1-2 menit berikutnya kita bisa meyakinkan anak bahwa kekhawatiran mereka tidak akan terjadi. Pelukan buat anak akan menumbuhkan rasa percaya dirinya.

 

Dengan sering memenuhi apa yang anak mau ketika mereka cengeng sebenarnya malah akan membuat anak bertambah manja, yang nantinya malah akan membuat orangtua menjadi repot sendiri.

 

Ketika anak berbuat kesalahan, misalnya tidak sengaja memecahkan gelas, lalu dia menangis karena takut dimarahi Mom, namun Mom malah mendiamkan dia dan tidak berkomentar & memberikan pelukan serta ciuman. Lalu meminta anak untuk lebih berhati-hati. Begitu juga ketika anak terjatuh dari sepeda, anak berusaha menahan tangisnya lalu Mom segera memeluk dia.

 

Melalui pujian serta perhatian yang cukup, anak akan lebih percaya diri, aman dan tidak cengeng.

Siti Rosyana
Pas bgt nih anakku juga 5 th akhir2 ini suka cengeng
Ani Jayati QueenaMoms
ternyata kurang pujian bisa menyebabkan anak cengeng
Explore More

Makanan Sehat Tak Harus Mahal, Berikut...

Article- 11 Feb 2018

Perlukah Menemani Anak Belajar?

Article- 05 Jan 2017

Mengobati Diare pada Anak

Tips & Trick- 23 Dec 2016