Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Kelas Pra Sekolah, Haruskah?

Gaya Gaya hidup dan kesibukan orangtua saat ini, menciptakan kebutuhan akan kelas pra sekolah agar anak tetap mendapat pendidikan positif. Bila Mom sedang pertimbangkan ini, mari perhatikan beberapa hal berikut, agar keputusan yang Mom ambil tepat dan baik untuk anak.

Featured Story

Kenali dan Cegah Penyakit ISPA Pada Anak Sekarang Juga!

 

Keluarga, Sekolah Terbaik

Idealnya memang seorang anak diasuh sendiri oleh kedua orangtuanya. Keluarga adalah sekolah pertama dan terbaik untuk anak. Namun kewajiban Mom atau Dad untuk bekerja seringkali membatasi waktu dan kemampuan untuk bisa mengasuh anak setiap waktu. Inilah salah satu alasan terbesar orangtua memasukkan anak di kelas pra sekolah, selain karena tidak adanya pengasuh atau orang yang dapat menjaga anak di rumah. 

 

Pilih-pilih Kelas Pra Sekolah

Secara umum, Mom bisa memilih kelas pra sekolah berdasarkan pertimbangan sebagai berikut :

 

1. Konsep kegiatannya bermain

Terutama di usia balita, anak hanya perlu menikmati harinya dengan bermain dan bersenang-senang. Tak perlu membebaninya dengan pelajaran yang berat

 

2. Kurikulum yang mengedepankan life skill

Kurikulum seperti ini akan melatih emosi dan perkembangan emosi anak secara positif. Selain mandiri, anak akan belajar menjadi bagian dari kehidupan sosial yang baik

 

3. Sesuaikan dengan kemampuan keuangan

Tak perlu beli gengsi, sesuaikan dengan kemampuan keuangan, namun cocok dengan konsep pengasuhan yang Mom inginkan dan sesuai dengan kebutuhan anak.

 

Perlu Day Care?

Kelas pra sekolah biasanya hanya berlangsung 2-4 jam setiap harinya. Artinya akan ada banyak waktu yang anak habiskan di rumah bersama pengasuhnya, sebelum Mom dan Dad kembali dari kantor. 

 

Bila kondisi tidak memungkinkan, ada baiknya Mom pertimbangkan memilih pra sekolah sekaligus day care. Pilih yang tempatnya dekat dengan kantor Mom atau Dad, jadi anak akan lebih punya banyak waktu bersama orangtuanya di perjalanan pergi-pulang. Selain lebih tenang bekerja, Mom juga punya kesempatan untuk bertemu anak saat makan siang. Tetap pusatkan pilihan pada jasa day care yang konsep pengasuhannya sesuai dengan Mom dan anak.

Pua Herlina
memang hrs pilih2 mom soalnya itu adalah slh satu tempat yg mendukung tumbuh kembang anak skg ini hingga besar nanti
Yeni Setiyawati
Terimakasih buat penjelasan memilih kelas pra sekolah
Explore More

Anak Wajib Lapor Ketika Bepergian

Article- 18 Aug 2014

Bahan Makanan dan Minuman yang Perlu...

- 19 Dec 2013

Ragam Jenis Permainan Anak

Article- 13 Apr 2015