Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Anak Suka Menggigit Kukunya? Atasi dengan Trik Jitu Ini

Menggigit kuku adalah kebiasaan buruk yang dimulai dari kecil. Seringkali kebiasaan ini hilang dengan sendirinya, namun beberapa terus berlanjut sampai dewasa. Kebiasaan menggigit kuku dipicu oleh bosan atau stres, dan bukan hanya kurang baik bagi penampilan tapi juga dapat memicu timbulnya gangguan kesehatan. Yuk, bantu anak menghentikan kebiasaan jelek ini dengan cara-cara berikut:

Featured Story

Bermain Bersama Anak, Manfaatnya Nggak Main-Main

  1. Segera Alihkan Perhatiannya
  2. Menghukum anak karena menggigiti kukunya tidak akan banyak membantu. Jika tanpa sadar anak menggigiti kukunya, Mom bisa mengingatkannya mulai dari memanggil namanya, menggunakan ekspresi wajah, atau memakai cara yang sudah kalian sepakati, terutama saat di tempat umum.

    Alihkan perhatian anak dari menggigit kuku, misalnya dengan menyediakan camilan berupa carrot sticks, biji bunga matahari/kuaci, buah kering, atau mengunyah permen karet. Hal ini membantu anak sibuk dengan kedua tangannya sehingga lupa akan kebiasaannya.

  3. Ajak untuk Melakukan Manicure
  4. Khusus untuk anak perempuan, tawarkan mereka ke salon untuk melakukan manicure sebagai hadiah jika mereka dapat menghentikan kebiasaan menggigit kuku. Bagaimanapun kondisi kuku yang terlalu pendek atau kurang rapi memberikan hasil yang kurang indah.

  5. Berikan Pemahaman dengan Bahasa yang Mudah Dimengerti
  6. Hal terbaik yang bisa Mom lakukan untuk membantu anak menghentikan kebiasaan menggigit kuku adalah mencoba mencari tahu alasan di balik kebiasaannya tersebut. Terkadang, kebiasaan buruk ini muncul saat anak merasa tertekan, stres, atau bosan. Bicarakan pada anak tentang apa yang mengganggu mereka dan temukan cara paling tepat untuk menangani situasi itu.

    Biarkan anak memutuskan sendiri apa yang bisa ia lakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Berikan pujian saat Mom melihat mereka membuat kemajuan. Hindari memberikan reaksi berlebihan yang justru akan menyebabkan mereka lebih stres dan mungkin membuat kebiasaan menggigit kuku semakin parah. Bersikap lembut dan berikan dukungan saat anak mencoba untuk menghentikan kebiasaan ini.

  7. Menghias Kukunya
  8. Tidak harus ke salon untuk mempercantik kukunya, Mom juga bisa mengajak anak untuk merawat kukunya. Selain memotong dan mengikir kuku agar tampak halus dan rapi, sediakan juga cat kuku khusus anak atau stiker khusus untuk kuku. Biarkan anak menghias sendiri kukunya, percaya deh, cara ini akan membuatnya merasa sayang jika harus menggigiti kuku dan merusak karyanya sendiri.


    Jangan sampai kebiasaan menggigit kuku terbawa anak hingga dewasa, bantu anak menghentikannya dengan tips-tips ini.

Explore More

Olahraga Seru dan Sehat untuk Anak

Article- 31 Mar 2017

7 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Nyamuk

Article- 05 Oct 2016

Tanda Anak Sakit

Article- 24 Mar 2015