Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Ajak Anak Mencuci Baju Sekaligus Belajar Tambah Ilmu

Sedari kecil, anak sebaiknya dilibatkan dalam membantu Mom melakukan rutinitas harian. Selain memasak dan membersihkan rumah, mencuci baju juga dapat diperkenalkan sesuai dengan usia mereka. Anak juga pasti senang karena dapat bermain air serta belajar beberapa hal berikut ini.

Featured Story

Apa Cita-citamu, Nak?

  1. Menghitung

    Jangan sampai memasukkan pakaian terlalu banyak ke dalam mesin cuci. Selain hasilnya jadi kurang bersih, lama-lama mesin juga mudah dan cepat aus. Yuk, ajak anak menghitung jumlah baju yang akan dicuci. Pisahkan pakaiannya yang berukuran kecil untuk memudahkan permainan ini. Minta ia untuk menghitung berapa banyak celana atau baju, lalu bantuk masukkan ke dalam bak cuci.

    Perkenalkan juga cara menghitung dengan memberikan kesempatan anak untuk mengukur cairan sabun yang digunakan, memutar atau menekan tombol waktu. Begitu juga dengan memperkirakan berapa jam hingga pakaian mengering.

  2. Mengenali Warna

    Sebelum mulai mencuci baju, biasanya Mom juga akan memisahkan pakaian berdasarkan warna, agar tidak ada kejadian pakaian berwarna yang luntur dan merusak yang lainnya. Ajarkan anak mengenali warna, dengan membantu memisahkan warna-warna pakaian, dari yang putih, berwarna cerah, hingga gelap.

    Cara ini juga dapat Mom pakai untuk mengajarkan bahasa pada anak. Mulai dari mengejanya atau memintanya menyebutkan dengan bahasa lain, seperti Inggris. Belajar bahasa jadi terasa lebih seru dan menyenangkan, lho!

  3. Ilmu Pengetahuan Alam

    Mencuci baju pun tidak lepas dari ilmu sains yang bisa diperkenalkan pada anak-anak. Misalnya terbentuknya busa atau perubahan dari air jernih menjadi kotor karena kotoran yang keluar dari pakaian. Bentuk paling sederhana adalah perubahan dari pakaian yang kering menjadi basah, lalu kembali kering setelah dijemur.

    Mom juga dapat memperlihatkan perubahan bentuk yag dapat terjadi, jika pakaian dipilin, diremas atau dibentangkan. Hal ini dapat mengajarkan anak untuk mengenali macam-macam bentuk dan apa yang terjadi jika diberikan perlakuan yang berbeda. Jangan lupa untuk memberikan informasi dengan bahasa yang mudah dipahami dan dengan nada suara yang ramah.

Selain dapat membantu meringankan pekerjaan harian Mom, kegiatan mencuci baju juga dapat diperkenalkan sebagai alternatif cara menambah ilmu anak.

Yuliana Yoeli
artikel nya bagus sekali
Fitriamarieindarto Goodmorning
Dicoba yuk
Explore More

Tips Mengajarkan Sopan Santun Pada Anak

Tips & Trick- 15 Dec 2014

Anak Mom Cengeng? Ini Cara Mengatasinya

Article- 02 Feb 2017

Penyakit Umum Pada Anak

Article- 24 Mar 2015