Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Batasan Pemberian Apresiasi Pada Anak

Penghargaan, pujian dan ekspresi kasih sayang apapun hendaknya bertumpu pada satu tujuan: untuk membuat anak termotivasi berperilaku lebih baik. Untuk itu penghargaan hendaknya diberikan setelah anak melakukan sesuatu yang baik. Sehingga anak mencapai suatu pemikiran bahwa untuk mencapai segala sesuatu tidak ada yang gratis. Harus selalu diusahakan. Orangtua yang paling tahu penghargaan apa yang terbaik, mendidik dan sekaligus menyenangkan anak.

Featured Story

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Harian Ini untuk Jauhkan Anak dari Flu

 

Tidak ada salahnya sebelum menjanjikan sesuatu sebagai apresiasi kepada anak, kita harus memikirkan terlebih dahulu, apresiasi seperti apa dan bagaimana cara pemberiannya sehingga dapat dihentikan sewaktu-waktu nanti jika dirasa telah cukup.

 

Alternatif memberikan apresiasi kepada anak bisa bukan dalam bentuk barang, bisa berupa perhatian, misalnya mengajak makan bersama di restoran, pujian, pelukan dan ciuman. Apresiasi seperti ini disesuaikan dengan tingkat usia anak. Anak-anak prasekolah akan lebih menyukai apresiasi berbentuk kontak fisik seperti pelukan dan ciuman, sementara yang duduk di bangku sekolah dasar lebih senang diberi banyak pujian dan perhatian.

 

Ada beberapa orangtua yang mungkin kurang yakin keefektifan apresiasi non-barang, karena menganggapnya suatu hal yang remeh. Padahal sebenarnya betapa setiap anak merindukan pujian dan penghargaan. Bahkan bisa dikatakan apresiasi adalah salah satu kebutuhan esensial anak yang nantinya bisa sangat menentukan tingkat kepercayaan diri pada anak. Contohnya apresiasi berupa bintang prestasi, orangtua akan memberikan apresiasi berupa stiker berbentuk bintang-bintang yang akan bersinar dalam gelap, stiker ini di tempelkan di dinding kamar anak ketika anak berhasil melakukan suatu perbuatan baik yang diharapkan. Sekilas mungkin akan tampak sangat lucu bagi mereka yang tidak mengerti, tetapi yang tertangkap dalam pikiran anak adalah kebanggaan karena perhatian dan pujian orangtua baginya.

 

Apresiasi berupa barang bisa diberikan dengan mengingat prinsip pokoknya untuk tidak membuat anak menjadi ketagihan. Dan yang paling harus diperhatikan jika memberikan aprsiasi berupa uang. Bagi setiap anak, uang merupakan hal ajaib yang memiliki pesona amat besar dan sangat mudah membuat mereka ketagihan.

 

Jika orangtua ingin memberikan apresiasi berupa barang, harus ditekankan pada anak  bukan soal mahal atau tidaknya barang tersebut, tetapi harus ditekankan kepada manfaatnya. Sebuah rautan pensil yang mungil dan lucu, buku tulis menarik atau penggaris kecil warna-warni bisa menjadi penghargaan yang istimewa dimata si kecil.

Vonny Kurniati
wah iya, mesti tetap ada batasannya juga ya dlm memberi apresiasi pada anak
Bundanya Thyan
Berapapun harganya harus bisa menjaga barang dengan baik...
Explore More

Apa itu Alergi Cuaca?

Article- 23 Dec 2016

Apresiasi Anak Kepada Orangtua

Article- 02 Sep 2014

Pentingnya Rasa Aman Pada Anak

Article- 10 Feb 2014