Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Belajar Untuk Bersyukur

Roda kehidupan manusia selalu berputar. Ada kalanya di atas dan ada kalanya di bawah. Tidak ada salahnya jika mom mengajarkan anak bahwa semua kemewahan ini, suatu saat bisa saja hilang. Bahwa tidak selamanya mom dan dad terus berada dalam kondisi berkecukupan. Sehingga tidak ada salahnya belajar untuk hidup sederhana serta mensyukuri nikmat kehidupan sedari dini.. 

Featured Story

Apakah Si Kecil Sudah Termasuk Anak yang Prososial?

 

Pelajaran bersyukur bisa mom mulai dari kebiasaan sehari-hari seperti makan. Seringkali anak malas mengabiskan makanan di piring, padahal jika dia mengerti “harga” sepiring nasi itu dia pasti akan bisa lebih menghargai. Mom bisa bercerita mengenai perjalanan nasi tersebut hingga sampai ke piringnya. Tenaga petani untuk menuai padi, tenaga mom untuk berbelanja beras pilihan yang pulen untuk anak, si Mbak di rumah yang mencuci beras dan menanak nya di rice cooker setiap hari . Itu semua harus dia mengerti agar dia bisa lebih menghargai.

 

Atau ketika anak mulai mogok bangun pagi dan malas sekolah. Apakah dia tahu, berapa jam yang dad habiskan di kantor agar bisa mencukupi kebutuhan keluarga atau bagaimana mom mengatur keuangan setiap bulannya dan mengirit di pos pengeluaran lain atau mencari side job, agar dia bisa sekolah di  sekolah unggulan tersebut?  Anak yang menduduki sekolah dasar, sudah mulai bisa mom ajak bicara lebih serius mengenai pengorbanan orang tua mengenai prioritas keuangan.

 

Tidak jarang banyak anak-anak berprofesi sebagai pengamen yang bernyanyi di lampu merah. Ajak anak mom berandai-andai jika dia berada di posisi tersebut. Dengan baju seadanya, anak harus mencari uang untuk makan hari ini. Betapa beruntungnya anak mom yang mempunyai pilihan baju beragam, sepatu yang layak dengan berbagai model, kendaraan yang nyaman dan siap untuk mengantar dia kemanapun dia mau dan hidangan yang lezat tersaji di meja setiap saat dia lapar tanpa harus mengamen terlebih dahulu.

 

Cara lain untuk mengajari anak bersyukur adalah dengan menerapkan mendapat satu, menyumbang satu. Setiap kali anak mendapat satu hadiah dari mom atau dad atau dari siapa saja, dia harus bisa memilih barang / mainan apa yang harus di sumbang. Atau bisa saja secara berkala, mom membantu dia menyortir pakaian yang sudah tidak muat lagi untuk disumbangkan kepada orang yang kurang mampu.

 

Dan ketika anak sudah mulai bisa menulis, dalam setiap kesempatan ajarkan dia untuk menulis ucapan terima kasih kepada orang di sekitarnya termasuk pembantu rumah tangga. Karena telah membantu dia setiap hari memasak makanan kesukaanya. Indahnya jika anak bisa menghargai apa yang dia punya ...

 

 

Mia Triana
bagus ,mmg harus dari kecil kita didik agar pandai bersyukur
Maria Ulfa
yups perlu bgt nih
Explore More

Mempersiapkan Anak Menyambut Kehadiran...

Tips & Trick- 06 Jan 2017

Lingkungan Sehat Dukung Anak Cerdas

Article- 16 Mar 2015

Nutrisi Tepat Agar Anak Selalu Sehat

Article- 23 Dec 2016