Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

'Bumi Perkemahan' di Dalam Rumah

Featured Story

Mengobati Diare pada Anak

Siapa bilang berkemah hanya bisa dilakukan di pegunungan, atau setidaknya di luar rumah? Mumpung udara di musim hujan terasa cukup sejuk, ajak anak berimajinasi berkemah di pegunungan dengan mendirikan tenda di dalam rumah, lengkap dengan ‘api unggunnya’.

 

Seru mendirikan tenda

Mom bisa mendirikan tenda milik si kecil di dalam rumah. Namun kalaupun tidak ada, jangan khawatir, Mom. Bikin tenda dari beberapa benda yang ada di rumah, tetap dapat menciptakan keseruan, lho. Begini caranya:

1. Siapkan satu buah seprai atau selimut dengan ukuran cukup besar dan dua hingga empat buah kursi untuk dijadikan peyangga.

2. Bentangkan seprai atau selimut di antara kursi-kursi tersebut sehingga membentuk ruang kosong di bawahnya.

3. Gelar tikar dan sertakan bantal kecil di dalamnya agar kesan berkemah benar-benar terasa.

 

Jangan lupa, mintalah bantuan anak untuk bekerjasama dalam mendirikan tenda. Aktivitas menyusun kursi dan menghamparkan seprai akan melatih kordinasi gerakan tangan dan matanya, kemampuan bekerja sama, serta bagaimana menghadapi dan memecahkan masalah.

 

Kegiatan seseru berkemah sungguhan

Setelah tenda berdiri, bawa senter, makanan kecil, dan alat camping lainnya ke dalam tenda. Mom juga boleh mempersilakan anak memilih benda-benda yang akan mereka bawa ke dalam tenda, selama tidak berlebihan. Selanjutnya, saatnya bermain! 

 

Ada beberapa aktivitas yang dapat Mom lakukan bersama si kecil, diantaranya:

1. Games, bercanda, dan sebagainya

Memainkan beberapa permainan puzzle di dalam tenda akan terasa berbeda dari yang biasanya. Di samping itu, anak juga bisa membaca buku, atau Mom bacakan serta saling bersenda gurau atau sharing dengan sesama anggota keluarga.

 

2. Skenario di tengah hutan

Bermain di luar tenda juga tidak kalah menyenangkan. Buat skenario permainan seolah-olah Mom dan anak tengah berkemah di hutan, misalnya bermain pura-pura berburu binatang. Mom bisa berperan sebagai binatang yang diburu dan anak menjadi pemburunya. Biar tambah seru, Mom dan anak juga bisa bertukar peran.

 

3. Makan bersama-sama

Saat tiba waktunya makan, bawa makanannya ke sekitar tenda dan makan bersama-sama seperti sedang camping di luar rumah.

 

4. Sensasi mengelilingi api unggun

Berkemah tidak lengkap tanpa api unggun. Mom dapat memanfaatkan lampu meja yang redup sebagai penerangan untuk menggantikannya. Agar suasana juga semarak, bernyanyilah bersama-sama sambil diiringi petikan gitar, atau memutar musik dengan tema petualangan yang pas.

 

Jika aneka kegiatan tersebut belum cukup, ajak si kecil untuk membuat agenda kegiatan selama mereka berkemah. Agenda ini bertujuan untuk menghindarkannya dari kejenuhan selama berkemah di dalam rumah.

 

Nah, Mom & Dad, hujan memang suit diprediksi kapan akan datang. Namun dengan kegiatan yang seru di dalam rumah seperti berkemah, setidaknya akan membantu Mom mengatasi suasana bosan di tengah keluarga sekaligus menciptakan quality time bersama anak. Selamat berkemah!

Winda Ruwinda Ningsih
Seru nih...bisa di coba di malam tahun baru...
Muyasaroh
pasti seru sekali
Explore More

Menyiapkan Anak Menginap Sendiri Di Rumah...

Article- 06 Jan 2017

Rumah Nyaman, Rumah yang Ramah Anak

Article- 04 Sep 2015

Membentengi Anak yang Merasa Kecewa

Article- 26 Jul 2016