Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Cara Mengenalkan Seks pada Balita

Anak kecil yang masih polos dan lugu di sisi lain menjadi sasaran empuk bagi penjahat seks. Seperti Yang terjadi di Bojonegoro sejumlah kasus 

Featured Story

Kesenangan Bermain Sesuai Usia Anak

yang terjadi di tahun 2012 dan disidangkan 2013, sudah ada lima kasus yang disidangkan  dan pelakunya sudah divonis. Salah satu kasus yaitu seorang kakek bernama Ngariman yang tega menyetubuhi bocah perempuan di bawah umur. Dia dihukum delapan tahun penjara. Motif yang digunakan adalah ancaman kepada anak, sehingga mereka takut. 

Mengingat tingkat kejahatan seks pada anak di Indonesia sudah semakin tinggi, tidak ada salahnya mom sebagai orang tua mengajarkan seks sedari dini. Hal ini akan mempermudah anak dalam mengembangkan harga diri, kepercayaan diri, kepribadian yang sehat, dan penerimaan diri yang positif. Mengapa sebaiknya orang tua yang mengajarkan? Karena orang tualah yang paling mengerti kepribadian anaknya. Lalu bagaimana cara mom and dad mengajarkan tentang seks kepada anak usia diatas satu tahun? 

 

- Ajari anak untuk mengenali anggota tubuh sejak kecil dengan nama sesungguhnya. Hindari untuk menyebutkan dengan nama yang lucu

 

- Seiring dengan bertambah usia, ajari ilmu seks secara bertahap. Mulai dari mengajarkan fungsi alat vital sesuai gender, cara membersihkan alat vital hingga penyakit yang bisa menjangkit alat vital tersebut. 

 

- Manfaatkan momen yang tepat dalam menyelipkan informasi pendidikan seks kepada anak. Misalnya ketika memandikan anak, menonton tv atau ketika berada di tempat umum.

 

- Bahas berulang kali topik yang sama agar hal itu terekam dengan baik di otaknya

 

- Bahas tentang "kesopanan" dalam bertindak. Misal ganti baju diarea tertutup, pipis di toilet (jika terpaksa pipis di pinggir jalan, cari lokasi yang tertutup), menggunakan pakaian yang tertutup agar anak mengerti bahwa anggota tubuh vital harus selalu tertutup.

 

- Biasakan agar kakak beradik atau mom dan dad, berganti pakaian di tempat yang terpisah agar anak mengerti konsep privasi.

 

- Perhatikan celetukan anak, ketika dia menyebut sebuah kata yang sehubungan dengan alat vital dengan istilah yang tidak senonoh, segera beri tahu bahwa kata tersebut tidak baik. Pilih mana istilah seks yang sesuai dengan umurnya, dan mana yang tidak.

 

- Ketika anak bertanya seputar seks, selalu sediakan waktu yang cukup untuk menjawab dengan sabar. Misalnya mom lagi di tengah kegiatan mengganti popok adiknya dan kakak bertanya “Mengapa alat kelamin adik berbeda dengan ku?” Minta dia dengan sabar menunggu. Setelah mom selesai, akan mom jelaskan.

 

- Amati prilaku dan perkataan anak. Sehingga mom tau apa dan bagaimana cara menjelaskan tentang pertanyaan itu.

 

- Pilih dengan baik perkataan mom. Misalnya ketika anak melihat adegan ciuman di film kartun favoritnya, coba gali menurut dia itu wajar apa tidak. Sehingga mom mengetahui sebatas apa mom harus menjelaskan.

 

- Berikan jawaban yang singkat namun dapat di mengerti oleh dia, sehingga informasi yang di dapat sesuai untuk umurnya. Misalnya untuk anak umur 2 tahun yang baru bisa bicara, sebutkan istilah dada untuk dad, payudara untuk mom.

 

 

 

Hal-hal seperti itulah yang bisa mom terapkan di rumah. Selamat mencoba.

Puji Suprihatin
ok,akan ku coba menerangkannya..tx infonya mom
Maria Ulfa
yups, penting ^^
Explore More

Usaha Sekolah Mengembangkan Anak...

- 22 Oct 2014

Alasan Anak Berbohong dan Cara Efektif...

Article- 11 Jan 2018

Bisa, Kok, Beraktivitas Seru Tanpa Gadget!

Article- 06 Dec 2016