Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Ceria & Kompak Mengurus Rumah Bareng Si Kecil

Selama kurang lebih seminggu Jakarta akan ditinggalkan sebagian penduduknya. Tapi ada sebagian juga yang harus stay at home dan mungkin selama seminggu atau lebih harus mengurus buah hati berikut rumah dan segala isinya tanpa asisten rumah tangga yang sedang mudik. 

Featured Story

Apakah Si Kecil Sudah Termasuk Anak yang Prososial?

Jangan dibayangkan dulu betapa ribetnya mengurus rumah dan segala isinya dan juga harus memenuhi kebutuhan si kecil karena sebenarnya si kecil juga bisa loh Moms membantu meringankan pekerjaan Moms :) Membantu disini bukan hanya meminta si kecil menyapu atau mencuci piring. Hal ini bisa dilakukan apabila buah hati kita sudah berumur di atas 6 tahun. Membantu disini bisa dalam bermacam-macam bentuk bantuan. Simak terus yuk :)

Percaya atau gak si kecil sudah bisa membantu Moms sejak berumur 2 tahun loh. Jenis ‘bantuan’ si kecil juga beragam disesuaikan dengan umurnya. Salah satunya yang paling penting dan bisa diajarkan sejak kecil adalah tidak perlu dibantu atau diladeni oleh Moms mulai dari makan sendiri, membereskan mainan sendiri, dst. 

Hal ini juga berarti mereka dilatih untuk bisa mandiri. Selain mengajarkan kemandirian Moms juga bisa membentuk pribadinya agar bisa lebih percaya diri dan bisa mengajarkan konsep team work pada si kecil.

Salah satu contoh team work misalnya ketika harus mencuci baju ajak si kecil memisahkan baju-baju yang berwarna-warni dengan baju yang berwarna putih ataupun hitam. Kegiatan ini juga bisa memberikan pelajaran mengenal warna pada si kecil. Pastikan lantai tetap kering ya Moms agar menjaga si kecil tidak terpeleset. Hal-hal demikian bisa memberikan pelajaran yang mungkin tidak didapatkan si kecil di sekolah dan juga makin mendekatkan Moms dan si kecil.

Selain mengajak si kecil bekerjasama dan mengajarkan kemandirian beberapa hal berikut perlu diingat agar liburan ini tetap ceria dan Moms tetap bisa menikmatinya :)

Lower your expectation. Tentu saja kita lebih menyukai rumah yang bersih, ruang tamu yang tertata rapi, anak-anak yang mandi di jam yang seharusnya dan seterusnya dan seterusnya. Tapi percaya deh Moms yang begitu hanya membuat Moms terlalu memikirkan pekerjaan rumah dan terkadang sedikit stress. Ada baiknya merubah mind set kita menjadi manfaatkan liburan ini sebagai ajang kekompakan dengan si kecil dan keluarga karena ada aspek gotong royong didalamnya. 

Prioritize. Penting sekali. Jangan selalu berusaha jadi super mommy yang multi tasking. Kalau si kecil bisa main anteng, si kakak bisa senang dengan coloring book-nya, sementara kita sudah kecapean, jangan memaksakan diri untuk mencuci dan menyetrika. Mommy needs a rest too. Jadi beristirahatlah dan nikmati waktu Moms dan si kecil :)

Delegate. Kalau tak bisa dilegasi ke suami, coba bekerja sama dengan si sulung. Contohnya jika kita sedang memangku si adik dan dia buang air kecil, delegasikan sang kakak untuk mengambil celana bersih. Dengan demikian kakak bisa merasa dipercaya untuk membantu Moms dan adiknya. 

Hang out. Hang out disini maksudnya tentu saja bukan harus jalan-jalan ke Mall misalnya, tapi, usahakan tetap bersentuhan dengan dunia luar. Disela-sela kelelahan, usahakan Moms masih berusaha mencuri waktu untuk chatting, sedikit browsing, nge-blog, sms-an, menengok ke facebook, halo-halo dengan teman. Setidaknya Moms mempunyai hiburan tersendiri :)

Rewards. Setelah segala aktivitas dalam satu hari selesai tidak ada salahnya loh Moms memberikan rewards untuk si kecil dan diri sendiri. Rewards juga bukan berarti harus barang-barang yang harganya mahal bisa saja sticker untuk si kecil, waktu menonton DVD bareng si kecil ataupun kecupan, dan pelukan hangat untuk si kecil sambil berkata “Wah Mom bangga deh sama jagoan/ putri kecil Mom. Dia udah hebat banget hari ini. Menolong Mom tanpa kenal lelah. I love you, sayang :)” Pujian adalah salah satu rewards yang baik untuk si kecil :)

Moms ada atau gak ada si mbak jadikan liburan si kecil tetap berkesan melalui kegiatan sehari-hari karena setiap kegiatan bisa menjadi pengalaman dan pelajaran baru bagi si kecil :) Selamat liburan Moms...


 

Mia Triana
iya mom setiap hari waktu q hy tuk bidadari2 kecil q,krn mmg ngk ada si mbaknya..heee...I love my son.
Fifin Sonata
saya suka mengajak si kecil bersih2 rumah atau beres2 bajunya..walaupun dia cowok
Explore More

Mom, Kenapa Aku Harus Minum Obat?

Article- 01 Mar 2017

Musik dan Emosi Anak

Article- 25 Mar 2014

Mengajarkan Anak Lebih Peka Sosial Kepada...

Article- 08 Dec 2014