Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Dimulai Sejak Dini, Belajar Menulis Bisa Jadi Aktivitas Menyenangkan

Tidak semua anak belajar menulis dengan cara yang sama, begitu juga mengajari mereka bisa menjadi ujian kesabaran. Di usianya yang masih muda, mereka terkadang lebih suka membuat bentuk yang acak daripada huruf atau angka. Daripada memaksa, coba ajarkan menulis dengan beberapa aktivitas seru dan menyenangkan seperti berikut ini.

Featured Story

Kecil-Kecil Sudah Pacaran? Yuk Berikan Pengertian Pada Anak

  1. Permainan Puzzle

    Anak-anak sering mengalami kesulitan saat belajar menulis karena konsentrasi yang mudah teralihkan atau kemampuan motorik yang terbatas. Salah satu permainan yang dapat mendorong minatnya untuk menulis adalah melakukan permainan puzzle. Menjepit potongan dan meletakkannya di tempat yang tepat dapat melatih kemampuan motorik halusnya.

    Mom bisa memotong kertas berbentuk huruf dan pisahkan. Minta anak-anak untuk memasangkannya, sehingga ia familiar dengan bentuk huruf maupun angka. Untuk anak yang usianya lebih besar, ajak mereka untuk mengumpulkan beberapa huruf untuk membuat kata yang acak.

  2. Menyembunyikan Huruf dalam Media Pasir

    Anak-anak sering kesulitan membedakan huruf dan angka. Misalnya huruf B dan D, E dan F, M dan N, 2 dan 5, atau 6 dan 9. Untuk mengajarkannya, jangan hanya berpaku pada menuliskannya pada kertas dan meminta anak menuliskannya kembali. Gunakan permainan yang menyenangkan untuk mengasah konsentrasi dan daya ingatnya.

    Mom bisa menyediakan wadah atau baskom berisi pasir dan sembunyikan beberapa huruf maupun angka di dalamnya. Sebutkan salah satunya dan minta anak untuk mencarinya. Jangan lupa memberikan pujian jika ia menemukan huruf maupun angka yang dimaksud.

  3. Menuliskan Huruf di Media Unik

    Tidak hanya mengandalkan media kertas saja, Mom bisa mendorong minat anak untuk menulis dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. Gunakan wadah besar dan datar, kemudian isi dengan materi pilihanmu seperti garam, tepung, pasir, atau shaving cream.

    Berikan contoh bagaimana cara menuliskan huruf di dalamnya. Sensasi unik dan dapat dimainkan terus-menerus ini bisa jadi aktivitas seru antara Mom dan anak, terutama di akhir pekan.

  4. Menyediakan Berbagai Alat Tulis Lucu dan Warna-Warni

    Untuk mendorong minat dan ketertarikannya untuk menulis, Mom bisa menyediakan berbagai alat tulis dengan warna yang menarik. Selain pensil, krayon, spidol, hingga cat air pun bisa disediakan untuk memberikan variasi saat belajar menulis. Kemas dalam kotak pensil atau wadah yang cukup besar sehingga dapat menampungnya dengan rapi dan mudah digunakan kembali.

    Ingat, Mom, anak-anak tidak bisa langsung menulis dengan sempurna. Beri mereka waktu dan tetap sabar dalam mengenalkannya dalam bentuk aktivitas yang menyenangkan, sehingga tidak merasa terbebani saat belajar.

Explore More

Pola Asuh Tepat untuk Anak

Tips & Trick- 20 Oct 2015

Apa Cita-citamu, Nak?

Article- 06 Jan 2017

Belajar Tak Hanya di Rumah dan Sekolah

Article- 27 Feb 2015