Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tips Menghindari Anak Dari Pelecehan Seksual

Orangtua wajib membekali dirinya dahulu mengenai pendidikan seks, sehingga dia bisa mengajari anaknya bagaimana mencegah terjadinya hal ini. Berikut beberapa tips untuk orang tua:

Featured Story

Ajak Anak Menikmati Wisata Edukasi, Seru!

 

- Sedari dini, ajari anak nama alat kelamin sesuai nama aslinya. Penis untuk laki-laki dan vagina untuk perempuan. Ajari hal ini selayaknya ini bukan hal yang tabu untuk dibicarakan.

 

- Terapkan di otak anak, bahwa alat kelamin adalah rahasia anak. Sehingga siapapun tidak boleh menyentuh atau dia perlihatkan.

 

- Biasakan untuk saling bercerita tentang apapun mengenai kehidupan sehari-hari anak dan orangtua, sehingga keakraban terjadi.

 

- Beritahu anak jika ada orang dewasa baik tante, oom, sepupu, guru hingga teman yang mengajak dia untuk pergi keluar rumah 

 

- Ciptakan suasana keluarga yang saling terbuka dan akrab, sehingga anak merasa orangtua adalah sahabat terbaik mereka dan rumah adalah tempat teraman.

 

- Ketika anak bercerita tentang pengalaman tak menyenangkan seputar pelecehan seksual, tanggapi dan tindak lanjuti. Jika terjadi di sekolah, beritahukan kepada guru dan kepala sekolah. Jika terjadi di luar sekolah, mom bisa membawa kasus ini ke kepolisian.

Puji Suprihatin
iya mom..jaman sekarang memang smua harus jaga diri dan leih berhati2, tx infonya
lubena ali
lebih terbuka ke anak,thanks infonya,,,
Explore More

Si Kecil Lebih Kebal Selama Musim Hujan

Article- 23 Nov 2015

Belajar Lebih Asik Dengan Warna

Article- 21 Jul 2014

Ciptakan Rumah Aman Bagi Anak dengan...

Tips & Trick- 23 Nov 2017