Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Ide Kreatif Membuat Mainan Anak Dari Barang Tak Terpakai

Meski amat gemar bermain, sebenarnya anak tak harus selalu dibelikan mainan baru, kok, Mom. Mainan yang dibuat sendiri sebetulnya akan sangat berkesan dan cukup untuk membuatnya senang. Yang penting ada aktivitas yang seru untuk bermain sambil belajar.

Featured Story

Serunya Merayakan Tahun Baru Bersama Keluarga

Yuk, intip ide seru membuat mainan dari barang tidak terpakai bersama anak Mom. Imajinasi dan daya kreativitas yang optimal pasti akan ia gapai.

  1. Menghias kelereng
    Kalau sudah berhubungan dengan aktivitas mewarnai, anak pasti bahagia. Bebaskan saja anak untuk mengekspresikan warna yang mereka sukai pada bermacam kelereng. Walau baju dan tangannya akan belepotan tapi fun.

    Setelah diwarnai dengan kuas ataupun dicelupkan ke dalam wadah, minta ia untuk menjemurnya. Saat sudah kering, Mom bisa menggunakan karyanya itu untuk mengajarkan cara berhitung dengan cara yang menyenangkan.

     

  2. Drum kaleng susu
    Siapkan dua buah kaleng susu bekas dan bersihkan. Siapkan juga gunting, kertas kado, dan lem kertas untuk menghias kaleng susu tadi. Lalu, minta anak Mom untuk menggunting kertas kado mengikuti pola tinggi, panjang, dan lebar kaleng susu. Setelah itu tempelkan pada kaleng.

    Bila sudah, tambahkan bermacam hiasan lainnya, sepertimenempel kertas warna-warni berpola bintang, hati, dan sebagainya. Kemudian gunakan sumpit makan sebagai stik drum, dan minta ia memainkannya.

     

  3. Rumah kertas
    Kalau punya paper bag bekas makanan, jangan dibuang dulu ya, Mom. Sebab, masih bisa digunakan untuk membuat mainan yang superseru bersama anak Mom. Kantung makanan itu bisa dikreasikan menjadi rumah kertas.

    Proses pembuatannya hanya dengan menggunting dan menempel. Meski sederhana, namun proses eksplorasinya luar biasa. Anak Mom bisa bebas menggunakan warna dan pola menggunting yang ia inginkan, dan menempelnya di bagian yang ia suka.

  4. Kreasi tusuk gigi
    Gunakan tusuk gigi untuk membantu anak Mom mempelajari aneka konsep bentuk. Supaya semakin menarik, celupkanlah tusuk gigi ke dalam cat warna.

    Setelah kering, minta ia untuk membuat bentuk sesuai dengan kreasi mereka, misalnya bentuk kotak, persegi panjang, jajaran genjang, segitiga, dan sebagainya. Dengan begitu akan akan lebih mudah mengenal konsep bentuk dan mengingat jenis warna.

  5. Baju astronot
    Gunakan kardus untuk membuat helm astronot. Lubangi sisi yang akan menjadi bagian depan bagi wajah anak. Untuk perlengkapan astronotnya, buat dari kotak sepatu dengan menambahkan tali sehingga dapat anak Mom kenakan seperti tas punggung. Pada bagian bawahnya, tempelkan dua buah karton silinder bekas tisu toilet, dan isi dengan kertas berwarna cerah yang telah diremas (sehingga menyerupai api yang keluar dari roket). Dengan imajinasinya, anak berperan sebagai astronot yang siap menjelajah luar angkasa. Seru pastinya!
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Mengembangkan Keterampilan Anak dengan...

Article- 06 Dec 2016

Budaya Mengantri Mengajarkan Anak Tertib...

Tips & Trick- 25 Nov 2014

Tujuan Favorit Liburan Akhir Tahun

- 19 Dec 2012