Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Jangan Tunda Bawa Anak ke Dokter, Jika Alami Hal-Hal Ini

Orangtua mana pun tentunya menginginkan anaknya tetap sehat. Tidak heran jika Mom rela bersusah payah mencari dokter anak yang memberikan informasi dengan lengkap dan nyaman diajak konsultasi. Selain pengecekan rutin tahunan dan vaksinasi, jangan menunda membawa anak ke dokter saat menunjukkan tanda-tanda berikut ini.

Featured Story

Konsumsi Gula Berlebih Menyebabkan Anak Menjadi Hiperaktif, Benarkah?

  1. Demam Tinggi Selama 3 Hari

     

    Demam memang merupakan reaksi normal saat ada bakteri atau virus yang masuk dalam tubuh. Selain itu, tumbuh gigi, kepanasan, dan memakai pakaian yang tebal dapat memicu peningkatan suhu tubuh. Walau dapat ditangani dengan mengompres dan memberikan obat penurun panas, anak yang mengalami demam tinggi hingga di atas 39 derajat Celcius selama lebih dari 3 hari, harus dibawa ke dokter untuk mendapatkan diagnosa lengkap.

  2. Nyeri Pada Perut

     

    Siapa yang tidak panik saat anak mengeluh kesakitan di bagian perut. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri, mulai dari gangguan pencernaan atau terbentur. Tapi waspadai jika anak mengalami nyeri perut tak tertahankan di sisi kanan, yang menjadi pertanda usus buntu. Segera bawa anak ke dokter atau rumah sakit, untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

  3. Diare dan Muntah Terus Menerus

     

    Sistem kekebalan tubuh anak yang masih belum sempurna membuatnya rentan mengalami infeksi pencernaan. Selain itu, keracunan makanan juga dapat memicu diare dan muntah yang terjadi terus-menerus. Jika anak buang-buang air lebih dari enam kali dalam semalam dan bentuk kotoran encer, berlendir, dan berbau tajam, sebaiknya segera bawa anak ke dokter atau rumah sakit.

    Begitu juga saat anak mengalami muntah karena mekanisme tubuh untuk menghilangkan benda asing yang akan masuk ke mulut. Tapi jika terjadi terus-menerus, anak berisiko mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan tubuh. Sebaiknya periksakan anak ke dokter saat tidak ada makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh hingga lemas dan pucat.

  4. Luka yang Disertai Bengkak

     

    Anak yang aktif bergerak dan bermain memang rentan mengalami luka. Selama ini Mom mungkin menganggapnya sebagai kecelakaan biasa, tapi jika kulit terbuka dibarengi dengan bengkak dan rasa sakit yang menyengat, sebaiknya bawa ke dokter untuk dibersihkan dan mendapatkan obat untuk menahan sakit. Jaga kebersihan luka agar tidak terjadi infeksi, yang ditandai oleh demam dan munculnya nanah.

    Utamakan kesehatan anak dengan sigap membawa anak ke dokter saat menemui gejala-gejala ini.

Lo Lie Cu
Thanks infonya
Mamanya Chrisna
wah,benar harus sigap dan slalu waspada
Explore More

Permainan Seru Tidak Harus Mahal

Article- 27 Feb 2017

Tips Pendidikan Seks Sejak Dini

Tips & Trick- 04 Jun 2013

Bawa Bekal Sendiri, Piknik Lebih Sehat

Tips & Trick- 16 Dec 2015