Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Kondisi Yang Dapat Mempengaruhi Perkembangan Kreativitas Anak

1. Rumah

Featured Story

Mom, Kenapa Aku Harus Belajar?

 

Rumah yang dianggap sebagai lingkungan pertama yang membangkitkan kemampuan alamiah anak untuk bersikap kreatif. Jika orangtua misalkan mematahkan semangat anak dalam minatnya untuk bereksplorasi dan mengekspresikan keingintahuannya dengan pertanyaan-pertanyaan, maka orangtua juga menghilangkan perkembangan kreativitas anak. Contohnya ketika anak sedang asyik bermain dengan balok balok kayu tiba-tiba Mom dan Dad datang dengan memberi komentar "harusnya begini membuatnya, yang kamu buat kurang bagus". Dengan memberikan komentar yang negatif akan membuyarkan khayalan anak yang sedang berkreasi.

 

2. Sekolah

 

Sekolah dapat mempengaruhi perkembangan kreativitas, contohnya dengan memberi pelajaran yang tidak hanya terfokus pada jadwal pelajaran yang ketat, tetapi lebih pada tanya jawab dalam pelajaran. Lebih memperhatikan pelajaran diluar pelajaran pokok seperti ekstra kulikuler. Juga ada baiknya memperbanyak kegiatan praktek dalam belajar.

 

3. Sosial

 

Dalam kehidupan bersosialisasi dengan masyarakat, anak sebaiknya diikutsertakan agar berani dalam mengeluarkan kreativitasnya. Misalnya dalam acara lomba 17 Agustus-an dengan adanya lomba menggambar.

 

Sikap masyarakat yang kurang mendukung sikap kreatif anak dan kurang memberikan penghargaan pada usaha-usaha kreatif juga merupakan hal yang menghambat munculnya kreativitas anak.

Nur Istiqomah
Thanks infonya sangat bermanfaat
Vonny Kurniati
Hmm, jadi tau nih, jgn sampai kita menghambat kreatifitas anak ya^^
Explore More

Mengatasi Si Kecil yg Picky Eater...

Tips & Trick- 08 Nov 2011

Bisakah Anak Berumur 2 Tahun Belajar...

Article- 06 Sep 2017

Jika Anak Mulai Jatuh Cinta

Article- 04 Jun 2013