Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Liburan Di Rumah, Sama Serunya!

Ketika Ketika musim liburan datang, mungkin Mom berkeinginan untuk membawa anak berjalan-jalan. Namun, kalau karena sesuatu hal ternyata Mom sekeluarga terpaksa liburan di rumah, tak perlu berkecil hati. Ada banyak ide kreatif dan seru yang bisa Mom dan anak lakukan untuk membuat liburan di rumah tetap menyenangkan.

Featured Story

Menghadapi si Pemilih Makanan

 

Jauhkan Anak dari TV dan Video Games

Anak jaman sekarang umumnya sangat akrab dengan TV dan video games. Kedua hal ini mungkin memang tidak terlalu buruk selama tidak berlebihan, tapi, tidak spesial jika hanya menghabiskan waktu liburan dengan sekedar melakukan ini. Anak bisa melakukannya di hari-hari lain, di sela-sela kesibukan anak belajar dan bersekolah. 

 

Seperti yang dikatakan oleh seorang pskiater asal India, Dr. Nirmala Rao, “Liburan adalah waktu yang dinantikan anak-anak. Jangan biarkan mereka hanya terpaku di depan layar televisi atau komputer. Liburan adalah waktu yang tepat untuk menanamkan kebiasaan kepada anak agar mereka lebih dekat dengan alam atau membuat mereka lebih terlibat dengan pekerjaan rumah tangga.” Jadi, artinya, waktu liburan di rumah adalah waktunya bagi Mom untuk menjadi kreatif. 

 

Liburan di rumah artinya menjadi kreatif. Mom bisa riset kecil-kecilan untuk menciptakan berbagai kegiatan seru yang bisa dilakukan anak. Untungnya lagi, sekarang sudah sangat banyak sumber yang bisa Mom manfaat untuk menemukan ide-ide seru tadi.

 

Eksplorasi Kreativitas dan Lingkungan Sekitar

Agar liburan di rumah anak tetap penuh kesan dan anak bisa kembali me-recharge semangatnya, ada beberapa ide yang bisa Mom lakukan. Misalnya:

 

1. Menciptakan projek

Projek ini bisa apa saja, mulai dari mendekor ulang kamarnya, menyelesaikan permainan konstruksi yang rumit, mencoba berbagai resep yang ada di buku masak pilihan Mom dan anak, dan berbagai ide seru lain yang akan menantang kreativitasnya

 

2. Kemping di halaman

Jika rumah Mom memiliki halaman yang cukup luas, sesekali waktu ajak anak untuk berkemah di halaman. Pengalaman tidur di luar rumah ini bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan dan terasa seperti petualangan bagi anak. Sediakan berbagai camilan dan permainan seru untuk aktivitas di dalam tenda.

 

3. Bercocok tanam

Ide lain yang memanfaatkan halaman rumah adalah bercocok tanam, yang seru dilakukan jika anak sedang liburan panjang. Ajak anak memilih sendiri tanaman apa yang ingin ia tanam, lalu biarkan ia merawat dan mengurus tanaman itu dari awal. Rasa penasaran dan ingin tahunya akan membuat anak tertantang untuk menyelesaikan projek ini

 

4. Membuat pesta kecil

Jika ada teman-teman anak yang juga menghabiskan waktu di rumah saat liburan ini, undanglah mereka ke rumah dan berpesta kecil-kecilan. Acara ini bisa menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan bagi anak. Agar tidak repot, Mom bisa membuat potluck party di mana orangtua dari teman-teman anak membawa makanan untuk dinikmati bersama.

 

Liburan jadi tetap menyenangkan, bukan, walau di rumah?

Yeni Setiyawati
Terimakasih tipsnya sangat bermanfaat
Yeni Setiyawati
Ciptakan liburan seru dirumah
Explore More

Mengenalkan Ramadhan pada si kecil

Article- 15 Aug 2011

Lotion Antinyamuk, Amankah Untuk Anak?

Article- 05 Oct 2016

Aktivitas Penghilang Stres yang Efektif...

Article- 11 Mar 2018