Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Liburan Keluarga, Sehat & Kaya Manfaat

Sesekali Sesekali melepaskan diri dari rutinitas dan menyediakan waktu penuh bersama anak-anak besar manfaatnya lho, Mom. Liburan keluarga selain menyenangkan juga banyak memberi efek positif untuk kualitas hidup sehari-hari. Karena itu, rencanakan dengan matang dan siapkan dana yang mencukupi. 

Featured Story

Yuk, Ajak Anak Bermain Sambil Belajar

 

1. Sehat Jiwa dan Raga

Sama halnya dengan anak-anak, meski kesehariannya banyak diisi bermain, rutinitas sekolah, aturan di rumah, dan interaksinya dengan teman yang sama, dalam titik tertentu anak juga bisa merasa jenuh. Liburan dapat menjadi obat yang ampuh, karena otak juga perlu diisi ulang energinya. Selagi berlibur, fisik juga akan sangat aktif bergerak. Otak dan fisik sama-sama mendapat kesegaran, hingga kualitas kesehatan pun akan meningkat.

 

2. Meningkatkan Kedekatan

Saat merencanakan liburan, Mom dan Dad bisa membangun komunikasi berkualitas dengan anak-anak. Mereka akan mengerti bahwa pendapat dan pikiran mereka juga punya arti dan dipertimbangkan oleh orangtuanya. Lalu saat berlibur, sepanjang perjalanan Mom dan Dad bisa berbincang dengan anak-anak tentang apapun. Mom dan Dad juga harus bersikap lebih sabar dan lebih pengertian ke anak-anak. Mom dan Dad juga akan dapat lebih mengenal kepribadian dan karakter anak selama liburan. 

 

3. Menambah Pengalaman

Pengalaman adalah guru terbaik. Saat liburan, memperhatikan kehidupan lokal dengan budaya yang mungkin berbeda dan mendapati kesenangan di luar hal rutin akan menjadi pengalaman berharga untuk anak. Tak sekedar bersenang-senang, liburan  juga punya nilai edukasi yang berharga. 

 

Selain itu, berikan juga tanggung jawab pada anak misalnya untuk membawa dan menjaga barang-barang kebutuhannya sendiri. Sepanjang liburan anak juga dapat belajar untuk lebih mandiri dan menyesuaikan diri karena apa yang ia dapatkan tidak sama dengan yang ada di rumah. Nah, satu lagi materi yang secara tidak langsung Mom berikan pada anak, yaitu life skill yang nantinya akan sangat bermanfaat saat ia dewasa kelak. 

 

4. Tetap Produktif

Saat liburan, Mom sekeluarga akan berinteraksi dengan banyak orang. Berlibur ke tempat yang baru dapat menambah serta memperluas pengetahuan. Pengalaman ini akan menyegarkan pikiran sehingga saat kembali ke kegiatan rutin, produktivitas kembali optimal. Anak-anak juga dapat lebih fokus pada kegiatannya dan memiliki wawasan baru yang membuatnya lebih kreatif dalam berpikir. Dengan begitu kecerdasannya untuk menyelesaikan masalah dan menghadapi tantangan akan lebih maksimal.

 

Kalau persiapan liburan yang sehat & bermanfaat versi keluarga Mom, itu yang seperti apa? Share yuk di kanal Stasiun Liburan website IbudanAku! =) 

http://bit.ly/stasiunLiburan

Sri Puji Rahmawati
liburan bersama keluarga sendiri lebih sehat dan hemat
Sri Puji Rahmawati
thanks artikelnya
Explore More

Dos & Don'ts Saat Liburan...

Article- 08 Jun 2015

Berbagi Tugas Saat Anak Sakit

Article- 06 Jan 2017

Anak Jadi Pemalu Saat Berada di...

Article- 22 Nov 2017