Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Makanan Pemicu Kecerdasan Anak

Featured Story

Lindungi Keselamatan Anak di Luar Rumah dengan Tips Jitu Ini

Mom & Dad perlu tahu, kecerdasan anak ternyata dapat dipengaruhi oleh makanan yang ia konsumsi. Selain dikarenakan asupan gizi yang diterima anak haruslah dalam kategori yang baik, ternyata beberapa jenis makanan terbukti dapat membantu pembentukan sel otak, memperbaiki fungsi otak, serta meningkatkan daya ingat. 

 

Lalu apa saja jenis makanan untuk anak yang juga dijuluki “Brain Food” ini?

 

1. Ikan salmon

Ikan yang satu ini mengandung asam lemak omega-3 dan asam eikosapentanoat (EPA) untuk perkembangan otak serta fungsi otak. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi salmon memiliki pemikiran yang lebih tajam dibanding orang yang tidak mengonsumsi salmon.

 

2. Telur

Telur kaya akan kandungan protein. Kuning telur mengandung kolin yang merupakan salah satu senyawa untuk perkembangan otak.

 

3. Selai kacang

Kandungan vitamin E dalam selai kacang berperan dalam pembentukan antioksidan dan pelindung membran sel saraf. Kacang tanah juga mengandung vitamin yang membantu sel otak dan sel saraf mengubah glukosa menjadi energi.

 

4. Gandum murni (whole grain)

Gandum murni merupakan sumber glukosa untuk diubah menjadi energi bagi sel-sel tubuh dan sel-sel otak. Kandungan vitamin B di dalam gandum membantu perkembangan sistem saraf anak. 

 

5. Oat

Produk makanan ini baik untuk menu sarapan anak. Kandungan energinya yang tinggi, membantu aktivitas sel-sel tubuh dan sel-sel otak.

 

6. Buah-buahan jenis beri (berries)

Strawberry, blueberry, dan redberry memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu, juga mengandung vitamin C dan bijinya mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk otak.

 

7. Kacang-kacangan

Sebut saja kacang merah, mengandung protein dan karbohidrat kompleks yang diolah menjadi energi bagi aktivitas sel-sel otak serta tubuh anak. Kacang-kacangan juga tinggi kandungan serat, vitamin, dan mineral.

 

8. Sayuran berwarna-warni

Bayam, ubi jalar, tomat, wortel, dan labu sangat tinggi kandungan antioksidan, aneka jenis vitamin, dan mineral yang berfungsi menjaga sistem imun agar sel-sel otak tetap kuat serta dapat berkembang dan berfungsi optimal.

 

9. Susu dan yoghurt

Keduanya kaya akan protein dan vitamin B yang penting bagi perkembangan jaringan otak, kerja enzim, dan neurotransmiter (senyawa penghantar rangsang antarsel saraf). 

Susu dikenal dengan minuman yang banyak mengandung kalsium, magnesium, dan potasium dengan Vitamin B6 dan B12 yang memang diperlukan untuk pertumbuhan jaringan otak. 

 

10. Daging

Pilih yang tanpa lemak, karena mengandung zat besi yang membantu kemampuan konsentrasi anak. Daging juga mengandung zat seng untuk membantu meningkatkan daya ingat anak. 

Itulah beberapa daftar makanan untuk kecerdasan otak yang dapat Mom berikan kepada anak. Akan lebih baik jika Mom memberikannya sejak dini sehingga kecerdasan otak anak akan tetap terjaga.

Mia Triana
nice infonya
Pua Herlina
terimakasih infonya :)..sangat bermanfaat sekali
Explore More

Liburan Di Rumah, Sama Serunya!

Tips & Trick- 08 Jun 2015

Empati Antara Kakak Beradik

Article- 26 Sep 2014

Mom, Aku Nggak Mau Sekolah

Article- 31 Mar 2017