Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Manfaatkan Fitur Konsultasi Pada Dokter di Situs-Situs Resmi

Perkembangan informasi dan teknologi telah membuat segalanya tampak lebih mudah. Tidak hanya toko-toko online yang menjamur, kini fitur konsultasi pada dokter di situs-situs resmi pun bermunculan dan membidik orang-orang yang ingin mencari jawaban dengan cara cepat, tanpa repot keluar dari rumah. Mom dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk menanyakan tentang gejala penyakit anak, namun tetap memperhatikan hal-hal berikut.

Featured Story

Belajar Lewat Aplikasi Smartphone, Yuk!

Mencari Situs yang Terpercaya

Agar tidak salah mempercayai informasi yang kurang tepat, sebaiknya Mom mencari situs yang terpercaya. Ada banyak forum atau portal yang tidak hanya menyajikan informasi kesehatan, tapi juga menjadi media rujukan layanan kesehatan dan konsultasi dokter secara online. Dokter-dokter yang bergabung di dalamnya pun cukup lengkap, baik yang dokter umum hingga spesialis dari berbagai konsentrasi keilmuan.

Mom dapat mencoba menanyakan tentang gejala penyakit anak dengan mengkonsultasikannya via online. Walau tidak bisa bertatap muka langsung, dokter dapat memberikan informasi awal dengan mengetahui tanda-tanda yang terlihat dan dialami anak. Jika kasusnysa cukup serius, biasanya mereka mengarahkan pasien bertemu langsung untuk memastikan diagnosisnya.

Gunakan sebagai Informasi Saja

Walau dikelola oleh dokter, sebaiknya Mom tidak menggunakan konsultasi online sebagai rujukan untuk mengobati anak, tapi jadikan sebagai tambahan informasi. Perawatan tepat di rumah dan membawanya ke dokter atau rumah sakit wajib dijadikan pilihan utama Mom saat menangani anak yang sedang sakit. 

Konsultasi kesehatan secara online memang masih terkendala kode etik, misalnya dokter tidak bisa melakukan diagnosis tanpa melihat langsung kondisi pasien. Selain itu, dokter juga tidak diperbolehkan meresepkan obat tanpa melakukan tatap muka.

Berikan Obat yang Tepat

Menanyakan obat yang tepat untuk mengatasi penyakit si kecil memang sah-sah saja saat berkonsultasi dengan dokter online. Tapi jangan sampai melanggar kode etik, yang tidak memperbolehkan dokter meresepkan obat tanpa melalui tatap muka. Cukup tanyakan penanganan yang tepat untuk meredakan gangguan kesehatan yang dialami anak, termasuk jenis obat yang diperlukan untuk mempercepat kesembuhannya.

Setelah mengetahui gejala dan jenis obat yang diperlukan, Mom bisa membeli obat bebas atau over , maupun mengunjungi dokter untuk mendapatkan resep dokter. Sebaiknya, pilih obat yang sudah terbukti khasiatnya dari generasi ke generasi, seperti OBH Combi Anak Batuk Plus Flu yang mengandung bahan alami Succus liquiritiae. Ini merupakan salah satu solusi tepat untuk meredakan batuk yang disertai gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin pada anak, dengan rasa buah atau madu yang disukai anak-anak.

Konsultasi kesehatan via online memang sangat membantu dalam mencari informasi dengan cepat, tapi sebaiknya tetap lakukan tatap muka untuk mendapatkan diagnosis penyakit anak dengan tepat.

Lo Lie Cu
Paling cum googling aja
Lo Lie Cu
Paling cum googling aja
Explore More

Vitamin Penting untuk Pertumbuhan

Article- 10 Jun 2016

Manfaat Anak Sering Bermain Bersama Dad

Article- 14 Dec 2017

Membuat Resolusi Bersama Anak

Article- 27 Dec 2013