Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Membuat Anak Lebih 'Bersahabat' dengan Tempat Tidur

Selama ini, anak hanya mengenal tempat tidur untuk menghabiskan malam, beristirahat dan bangun keesokan harinya. Tapi tidak hanya sebatas itu, Mom dapat mengajarkan anak tentang bagaimana memperlakukan tempat tidur sebagai salah satu area privasi.

Featured Story

7 Cara Menstimulasi Kreativitas Anak

Jadikan tempat tidur sebagai area yang menyenangkan, aman dan menenangkan bagi anak, khususnya bagi mereka yang sudah memiliki kamar tidur sendiri. Yuk ajarkan beberapa hal ini pada anak agar dapat bersahabat dengan tempat tidurnya.

  1. Tekankan Pentingnya Menjaga Kebersihannya
  2. Kebersihan tempat tidur dapat mempengaruhi kenyamanan anak saat menghabiskan malam atau waktu luangnya. Selain itu, anak juga dapat terhindar dari gangguan kesehatan, seperti gatal-gatal maupun alergi yang dipicu oleh debu maupun partikel kecil lainnya.

    Yuk, libatkan anak untuk menjaga kebersihannya seperti tidak memakai alas kaki saat berada di atas tempat tidur dan tidak membawa makanan atau minuman ke atasnya. Selain itu, ingatkan anak untuk mengganti sprei, pembungkus bantal, guling dan selimut setiap dua minggu sekali untuk menjaga tempat tidur tetap bersih dan wangi.

  3. Menata Tempat Tidur
  4. Tempat tidur yang berantakan atau terlalu penuh dengan barang-barang dapat mengganggu kenyamanan anak. Ajarkan anak untuk selalu menata tempat tidurnya setiap kali bangun tidur atau selesai menggunakannya. Atur bantal, guling maupun boneka yang menemaninya tidur hingga tampak rapi, lalu bantu untuk melipat selimutnya dan meletakkan di tempatnya.

    Ingatkan juga pada anak untuk tidak meletakkan terlalu banyak barang di atas tempat tidur, misalnya pakaian kotor, buku maupun barang-barang miliknya. Selain mencegah perpindahan kotoran dan kuman, cara ini juga mengajarkan anak untuk disiplin dan terorganisir sejak dini.

  5. Jelaskan Aktivitas yang Boleh Dilakukan di Tempat Tidur
  6. Selain tidur, tempat tidur juga bisa dijadikan area yang nyaman untuk menghabiskan waktu luang anak, seperti bermain dengan temannya, membaca buku sebelum tidur, atau mendengarkan musik. Jelaskan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di atas tempat tidur, misalnya melarang anak untuk membawa makanan atau minuman karena akan membuatnya kotor dan mengundang serangga datang.

    Begitu juga dengan belajar dan mengerjakan tugas sekolah, sebaiknya jangan melakukannya di tempat tidur karena postur tubuh jadi kurang baik, membuatnya mudah lelah, dan dapat mempengaruhi konsentrasinya. Batasi waktunya bermain gadget di tempat tidur untuk memudahkan pengawasan dan tidak menganggu jam tidurnya.

    Tempat tidur bisa menjadi tempat aman dan nyaman bagi anak, selama Mom mengajarkannya untuk menjaga kebersihan dan kerapiannya.

anita fajarwati
Anak2 senang membuat kasur berantakan hehehe
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Tips Mengajari Anak Untuk Waspada...

Article- 21 Aug 2013

Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak...

Article- 04 Jun 2013

Begini Cara Yang Benar Mengenalkan Uang...

Tips & Trick- 26 Jul 2016