Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Merencanakan Liburan

Libur telah tiba...hore . . hore.. hore .. Asiknya merencanakan kegiatan liburan bersama si kecil. Yuk Mom coba rencanakan liburan dengan mengikuti beberapa tips berikut :1. Tentukan jenis liburanDiskusikan dengan anak – anak, mau liburan ke daerah pantai / pegunungan yang sejuk / liburan yang penuh tempat bersejarah atau liburan yang penuh tempat bermain?

Featured Story

Tips Melatih Anak Menginap

2. Its all about the BUDGET
pastikan Mom memikirkan 4 pengeluaran berikut :

  • Transportasi : pilah pilih semua alternatif kendaraan yang ada. Apa kelebihan serta kekurangannya. Hunting tiket murah dari jauh-jauh hari.

Note: Perbandingkan harga pembelian tiket secara on line langsung, beli di kantor penerbangan secara langsung serta melalui travel agent. Pikirkan juga transportasi selama di tempat tujuan wisata. Apakah sewa mobil / pinjam mobil sodara / naik kendaraan umum di sana. Oia, poin yang cukup penting adalah maksimal kapasitas bagasi pesawat untuk setiap orang.

  • Akomodasi : nginep di rumah saudara / hotel / apartemen atau kombinasi semuanya.

Cari tau kondisi tempat menginap tersebut.Berapa maksimal kapasitas orang yang menginap dalam 1 kamar? Apakah tersedia fasilitas air panas? Apakah tersedia sarapan?Lokasinya di mana?

  • Makan : akan makan di tempat yang murah atau mewah? Berapa kali dalam sehari akan makan? Untuk berapa orang? Rajin cari info dengan bertanya kepada kenalan Mom mengenai rekomendasi tempat makan di daerah tersebut serta cari di internet.
  • Shopping dan tempat wisata : bikin list tempat tujuan wisata yang ingin di tuju dan cari tau berapa biaya yang di butuhkan. List tempat tujuan wisata juga kiranya yang cocok untuk dikunjungi oleh si kecil.Tujuan liburan juga agar si kecil bisa rileks sesudah ia menjalani pekan ujian. 

Shopping : mau belanja murah meriah seperti di pasar atau belanja di butik khas daerah tersebut? Pastikan si kecil juga menikmati kegiatan ini Mom karena dia adalah prioritas Mom kan? 
Tempat Wisata : list semua tempat yang ada di sekitar tempat tujuan. Mulai dari museum, kebun raya, pelestarian alam, mengunjungi pengrajin lokal hingga kebun binatang jika ada. Meski sedang berlibur si kecil juga bisa belajar di tempat-tempat demikian.
Total semua pengeluaran ini dan siapkan dana extra sekitar 10% untuk pengeluaran yang di luar dugaan. Dan yang paling penting, jangan berhutang. Liburan tujuannya bersenang-senang dan menyegarkan otak, bukan sepulang liburan kita masih memutar otak untuk menutupi hutang liburan.

3. LOKASI
setelah 2 pertanyaan di atas terjawab, mari tentukan lokasi tujuannya. Liburan lokal atau luar negeri. Berapa hari akan pergi berliburnya? Sesuaikan tujuan dan budget dengan mencari info dari internet dan biro perjalanan terdekat. Atau mau liburan ala back packer? Jika si kecil sudah cukup usia, ini pilihan yang seru.

4. Waktu yang Tepat untuk LIBURAN
Jika Mom bisa mengatur waktu liburan dari beberapa bulan sebelumnya, Mom bisa menghemat sangat banyak. Terutama dari segi transportasi dan akomodasi karena banyak penerbangan dan hotel yang menawarkan harga miring jika Mom membeli jauh- jauh hari.Walau liburan jatuh di musim “high season” seperti liburan sekolah, tetap terdapat perbedaan harga yang cukup lumayan.
Note: High season di Indonesia adalah bulan Juni-Juli saat liburan kenaikan kelas, Lebaran, Natal dan Tahun Baru. Untuk tujuan favorit seperti Bali, periodenya Juni – Agustus, karena banyak turis Australia melakukan “winter escape” ke Bali.
Selamat berlibur mom dan ingat tujuan awal dari liburan..bersenang – senang bersama si kecil dan Dad. Have fun

carline
Kalau liburan sekolah kami ga pergi ke tempat wisata, rame, mahal, malah ga puas berliburnya, hehehe. Mending liburan ke rumah nenek :)
Mia Triana
makasih mom infonya....
Explore More

Penting Buat Tumbuh Kembangnya, Ini Cara...

Article- 15 Jan 2019

Anak Supel Rentan Gangguan, Dorong untuk...

Article- 23 Nov 2017

Kembangkan Hobi Anak Yang Suka Memasak

Article- 19 Nov 2013