Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Pelukan Hangat untuk si Kecil

Featured Story

Arti Kejujuran dan Berpikir Realistis Pada Anak

Selain menggunakan pakaian tebal demi menghangatkan tubuhnya yang mungil akibat terpaan hawa dingin musim hujan, Mom & Dad sebaiknya sering memberi pelukan untuk si kecil. Suhu tubuh orang dewasa dipercaya dapat membantu anak merasa lebih terlindungi, nyaman, dan penuh kehangatan. Tak hanya memberikan efek langsung secara fisik, pelukan juga merupakan obat mujarab untuk mengurangi rasa sakit yang dialami anak serta membuatnya tumbuh percaya diri dan bahagia.

 

Pelukan dapat mengubah perilaku anak

Mom & Dad tentu sudah membuktikan keampuhan pelukan sejak si kecil baru dilahirkan. Pelukan yang orangtua berikan secara spontan dapat meredakan tangis si kecil. Begitu pula saat anak mulai belajar berjalan dan bergerak aktif. Hal-hal yang membuatnya kaget dan khawatir dapat berangsur hilang saat orangtua memeluknya sambil menghibur.

 

Pelukan adalah obat peredam stres

Bagi orangtua, memeluk anak dapat meredam stres akibat rutinitas, bahkan mengurangi depresi. Pelukan yang Mom & Dad berikan kepada anak juga bisa memberi energi baru pada tubuh yang lelah sehingga menjadi segar kembali. Pasalnya, jumlah hemoglobin atau sel darah merah dalam darah akan meningkat ketika memeluk.

 

Hemoglobin adalah darah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh termasuk ke jantung dan otak. Peningkatkan jumlah hemoglobin inilah yang ditengarai mampu mencegah dan menyembuhkan keluhan penyakit, termasuk gangguan psikologis. Peluklah si kecil sebelum Mom & Dad melakukan aktivitas di luar rumah. Hal ini akan membuat orangtua fokus pada pekerjaan, menjadi produktif, dan merasa bahagia.

 

Agar pelukan Mom and Dad berdaya penyembuh, maka sebelum memeluk anak: Singkirkan hal-hal yang menggangu pikiran Mom and Dad, seperti pekerjaan yang belum selesai, urusan rumah tangga yang menumpuk, gagal menjaga pola makan, dan rencana-rencana yang tertunda. Memberi pelukan dengan kepala dipenuhi oleh pikiran akan mengurangi energi dan kehangatan yang orangtua berikan kepada si kecil.

 

Bebaskan tangan dari semua benda yang selama ini paling sering ada di tangan, misalnya telepon genggam, tas tangan, kunci, atau majalah. Dengan begitu kedua tangan akan tercurah penuh untuk memeluk dan membelai si kecil dengan lebih leluasa. Manfaat lain pelukan untuk anak:

1. Merangsang perkembangan sel otak

2. Mengurangi tekanan psikis

3. Membangun konsep diri yang positif

4. Mengurangi emosi negatif seperti kesepian, cemas dan frustasi

5. Mengatasi rasa takut

6. Transfer energi.

 

Jadi, sudah berapa kali Mom & Dad memeluk si kecil hari ini?

Winda Ruwinda Ningsih
Love you Thyan...
Yu Su
http://www.learningwarereviews.com/ Cheap Jerseys Wholesale, Save 60% Over 5 Items
Explore More

Ragam Jenis Permainan Anak

Article- 13 Apr 2015

Cegah Flu dan Batuk Pada Anak dengan 10...

Article- 05 Oct 2016

Mom, Mengapa Temanku Berkata Yang Tidak...

Article- 15 Dec 2014