Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Pilihan Wisata Akhir Tahun Bersama Si Kecil

Menghadapi akhir tahun atau menyambut tahun baru kerap dibarengi dengan berlibur. Rencanakan liburan Mom dan keluarga dengan memilih tempat wisata yang menyenangkan. Apapun pilihan Mom & Dad, yang penting si kecil bisa menikmatinya dan memperoleh pengalaman positif.

Featured Story

Ajarkan EQ Pada Anak Sejak Dini

 

1. Bermain air di pantai

Selain berenang, bermain banana boat, parasailing, atau sea walker, masih banyak aktivitas lain yang meski lebih sederhana namun tak kalah seru untuk dilakukan bersama anak-anak. Di antaranya adalah permainan klasik membangun istana pasir. Selalu merupakan impian tersendiri bagi anak-anak untuk tinggal di istana. Nah, di pantai ini biarkan imajinasinya berkembang saat membangun ‘istana’ bagi ‘kerajaannya’.

 

Banyaknya kerang yang terbawa air hingga ke bibir pantai juga bisa jadi permainan yang menyenangkan. Kumpulkan lalu rangkai menjadi perhiasan yang cantik. Atau, hias warna-warni menggunakan cat air dan kuas yang telah Mom siapkan sebelumnya.

 

Jangan lupa bawa kacamata berlensa warna gelap, topi, dan sunscreen khusus buat anak-anak guna menangkal paparan sinar matahari. Perhatikan dan jaga si kecil selama ia bermain di pantai maupun di air.

 

2. Berinteraksi dengan satwa di kebun binatang

Binatang selalu mampu menarik perhatian kebanyakan anak-anak. Terlebih lagi jika dapat melihatnya secara langsung dari dekat, sampai bisa menyentuh hewan-hewan yang sebelumnya hanya mereka lihat dari gambar. Mengajaknya memegang burung, menggendong monyet, atau bersalaman dengan orangutan, tentu akan berkesan buat anak. Tidak hanya itu, berinteraksi langsung dengan hewan-hewan akan turut melatih keberanian anak.

 

Memang jarang ditemui kebun binatang yang menyediakan tempat bermalam untuk melepas lelah. Namun meski tanpa menginap, liburan di tengah-tengah binatang dengan beragam rupa dan perilaku akan membuat si kecil bersemangat dan tak mudah lelah untuk menghabiskan waktu di sana.

 

3. Bertualang di pegunungan

Ketika merasa penat dengan ingar-bingar kota, mengajak anak berlibur menikmati alam pegunungan bisa mejadi pilihan yang tepat. Kenalkan mereka kepada alam, misalnya dengan berkemah atau menyewa penginapan yang terletak di dataran tinggi. Carilah tempat berkemah yang aman bagi anak-anak serta dikelilingi suasana alam yang asri dengan udara yang sejuk dan segar. Apalagi kalau melewati perjalanan menembus perkebunan atau hutan pinus, pasti seru! Selain itu, penginapan di daerah dataran tinggi biasanya memiliki fasilitas outbond untuk bermain sambil bertualang.

 

Berkemah di tempat yang menyenangkan dapat membuat anak-anak semangat dalam berpetualang. Ajak anak berkeliling di sekitar area berkemah, kemudian ajarkan mengumpulkan ranting kayu untuk membuat api unggun, dan masih banyak lagi kegiatan menarik lainnya.

 

Awal-awal, Mom dan keluarga mungkin akan terasa sedikit ribet karena terpisah dari fasilitas dan segala kemudahan yang biasa dinikmati di rumah. Namun di balik itu akan melatih Mom sekeluarga menjadi lebih kompak. Di samping itu, berkemah di alam bebas akan membuat kita lebih mencintai alam, sekaligus lebih menyadari keindahan ciptaan dari Sang Pencipta.

Winda Ruwinda Ningsih
Pengen ajak Thyan ke kebun binatang
Yuliana Yoeli
di pantai seru juga ya
Explore More

Mewaspadai Virus Zika

Article- 05 Oct 2016

Bila Anak Memilih Mainan Tak Sesuai...

Article- 31 Jan 2017

Menghadirkan Sayur dan Buah Dalam Bentuk...

- 20 Dec 2013