Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Quality Time Bersama Kakek –Nenek

 

Featured Story

Apakah Si Kecil Sudah Termasuk Anak yang Prososial?

Hubungan cucu dengan kakek dan neneknya adalah salah satu kontribusi yang penting dan unik dalam melengkapi kepribadian sang cucu. Di mata anak, sering sekali kehadiran kakek dan nenek lebih populer di bandingkan sosok Mom dan Dad sehingga kadangkala mom sebagai orangtua harus bijaksana dalam memberi pengertian terhadap anak-anak tentang siapa kakek dan nenek.

 

Dari sudut pandang anak, kakek dan nenek adalah sosok yang ideal. Ada kecintaan di antara mereka yang tidak terbatas dan tanpa syarat, karena semua kemauan dan kebebasan yang anak inginkan seringkali di kabulkan sementara mom di rumah menerapkan batasan dan disiplin. Maka dalam hal itu tidak heran jika sosok kakek dan nenek lebih populer dimata anak di bandingkan orang tua sendiri.

 

Karena kakek nenek ini adalah sosok penting dalam hubungan kecintaan dan kasih sayang di dalam keluarga, mom sebagai orangtua harus jeli dan tahu karakter kakek nenek ini agar tidak terlalu banyak memberi  pengaruh yang  negatif (tidak sesuai dengan value yang kita terapkan di rumah) terhadap perkembangan kehidupan anak anak. 

 

Perkenalkan anak-anak dengan kakek neneknya sedini mungkin, biarkan hubungan kasih sayang antara mereka tumbuh dengan secara normal. Jika tempat tinggal kakek nenek berjauhan maka ada baiknya bila weekend atau hari libur anak anak di ajak berkunjung ke rumah kakek neneknya.

 

Kakek dan nenek adalah partner yang ideal untuk mendidik anak-anak, mengingat mereka sebagai orangtua telah terbukti berhasil membesarkan mom dan dad. Berikanlah kesempatan untuk berperan dalam hubungan dan kehidupan antara kakek nenek dan cucunya  yang jelas akan memberikan dampak positif terhadap anak anak.

 

Kemampuan anak-anak untuk berempati terhadap orang lain yang jauh lebih tua atau dengan orang yang fisiknya terbatas akan membantu anak untuk lebih peka terhadap keragaman perbedaan pada manusia, sehingga saat anak berinteraksi dengan kakek neneknya mereka juga secara tidak langsung belajar untuk berempati dan memahami keterbatasan orang-orang di sekelilingnya. 

 

Begitu anak menginjak dewasa, kehidupan mereka juga akan diperkaya dengan hubungan yang akrab dan kasih sayang bersama anggota keluarga generasi yang lebih tua.

 

Lina Marliana
makasih infonya.. anak2ku tidak sempat mengenal kakek dan nenek dari keluarga papanya, dan dari keluarga aku, yang tersisa cuman nenek doank.. tp meski begitu di setiap ada kesempatan aku selalu bawa anak2 untuk menjenguk neneknya..
Diah Pramesti
persis seperti mom Lina...meski begitu anak2 tetap dekat dg kelrg yg lain
Explore More

Membentengi Anak yang Merasa Kecewa

Article- 26 Jul 2016

Empati Sebagai Dasar Perkembangan Moral

Article- 09 Oct 2014

Awasi Anak di Media Sosial, Orangtua...

Article- 13 Dec 2017