Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Serunya Makanan Warna-Warni

Membujuk anak agar mau makan buah dan sayur terkadang memang tricky ya, Mom. Salah satu cara yang dapat Mom lakukan untuk menggugah seleranya agar anak mau makan sayur dan buah adalah menyajikan makanan warna-warni. Serunya lagi, setiap makanan yang memiliki warna-warna alami ini memiliki manfaatnya masing-masing.

Featured Story

Anak Mom Suka Ngambek? Ini Tips Mengatasinya!

 

Ayo cari tahu Mom, warna makanan apa saja yang bermanfaat bagi anak dan bagaimana menyiasatinya agar anak menyantap semua makanan yang ada di piringnya.


- Makanan yang berwarna hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, atau paprika memiliki senyawa sulforaphane dan isocyanate yang bisa mencegah kanker.

 

- Makanan yang berwarna ungu, seperti terong, bit, anggur, atau cranberry memiliki antioksidan yang bisa mencegah penyakit jantung, dan menjaga sel-sel di dalam tubuh agar awet muda.

 

- Makanan yang berwarna oranye, seperti jeruk, labu, atau pepaya kaya akan kandungan vitamin C, bermanfaat mencegah penyakit jantung, dan mampu membunuh sel kanker.

 

- Makanan yang berwarna merah seperti semangka, tomat, paprika merah, mengandung senyawa carotenoid lycopene yang bisa mengusir radikal jahat yang berbahaya bagi tubuh. Lycopene juga efektif untuk mencegah kanker prostat.

 

- Makanan yang berwarna putih kehijauan seperti kubis, kol, buah pir, bawang putih dan bawang bombai memiliki kandungan allicin yang bersifat anti-tumor dan juga kaya dengan antioksidan.

 

Penelitian yang dilakukan di Cornell University, New York, menunjukkan bahwa anak-anak lebih tertarik menghabiskan makanannya jika piringnya diisi makanan warna-warni dan diatur sedemikian rupa. Selain itu, diketahui bahwa nafsu makan anak akan semakin bertambah jika di piringnya terdapat 6 macam warna yang berbeda.

 

Mom bisa menyiasatinya dengan mencampur beberapa jenis sayuran, seperti di dalam sup, lalu tambahkan makanan pendamping seperti perkedel, sehingga piring makan anak selalu tampak semarak. Selain itu, sajikan camilan berupa salad buah, puding dengan potongan buah di dalamnya, atau crepe isi buah warna-warni.

 

Yuk Mom, tambah semangat makan anak dengan makanan berwarna-warni! 

Sri Utami Saroh
makanan yang menarik bisa menambah nafsu makan anak-anak
Sri Utami Saroh
terima kasih artikelnya, sangat bermanfaat sekali
Explore More

Weekend Project “Membuat Mini Top Hat “

Tips & Trick- 04 Dec 2013

Bijak Memberi Reward Kepada Anak

Tips & Trick- 20 Oct 2015

Mempersiapkan Anak Menyambut Kehadiran...

Tips & Trick- 06 Jan 2017