Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tanda-Tanda Anak Butuh Bantuan Bimbingan belajar (Bimbel)

Selalu merasa harus perang dengan anak setiap kali ia mendapatkan pekerjaan rumah? Mom terkadang harus mengomel, berteriak, hingga menghukum anak supaya ia mau mengerjakan tugas sekolahnya. Bisa ditebak hasilnya pun kurang maksimal, bahkan nilainya menurun.

Featured Story

Apa Cita-citamu, Nak?

Mungkin sudah waktunya memanggil guru les atau bimbel (bimbingan belajar) yang kini banyak bermunculan, mengingat kurikulum sekolah yang kian rumit dan waktu orangtua yang makin terbatas dalam mendampingi anak-anaknya belajar. Temukan beberapa tanda berikut ini, untuk mengetahui apakah anak membutuhkan jasa bimbel.

  1. Nilai Akademis yang Turun
  2. Salah satu hal pertama yang mungkin menarik perhatian adalah nilai anak yang merosot secara mendadak atau menurun secara bertahap. Ini menjadi tanda bahwa anak mungkin melewatkan pelajaran di kelas, tidak menguasai topik/pelajaran, atau kurang tertarik dengan pelajaran yang diberikan. Temukan penyebabnya sehingga Mom dapat mengambil tindakan untuk memperbaiki nilainya lagi.

  3. Saran dari Guru
  4. Guru yang hampir setiap hari menghabiskan waktu belajar bersama anak tentu tahu kemampuan anak. Perhatian guru mungkin akan lebih dipusatkan pada anak yang mengalami gangguan untuk berkonsentrasi, tertinggal dalam memahami pelajaran, atau menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengerjakan tugas.

    Jika Mom mendapatkan laporan seperti ini jangan langsung mencari pembelaan diri, bahkan menyalahkan pelajaran yang terlalu rumit atau guru yang kurang perhatian. Tanyakan apa yang bisa dilakukan untuk membantu anak di sekolah. Salah satunya, perlu atau tidaknya tutor atau guru les.

  5. Menolak Belajar
  6. Beberapa siswa yang tidak berusaha menyelesaikan pekerjaan rumah mereka atau menganggap pekerjaan rumah tidak penting, sementara beberapa lainnyayang merasa terbebani oleh pekerjaan rumah mereka. Akibatnya, mereka pun mogok belajar, dan mencari alasan untuk bolos sekolah, hal ini seperti teori yang dinyatakan Ann Dolin, presiden dan pendiri Educational Connections Tutoring.

    Kebiasaan anak untuk menunda-nunda dalam mengerjakan pekerjaan rumah, bisa menjadi tanda bahwa ia mungkin kurang bisa menyerap pelajaran di dalam kelas. Menggunakan jasa guru les atau tutor ini diharapkan dapat membantu mengawasi anak saat mengerjakan tugas, memperbaiki kebiasaan belajar, dan menumbuhkan motivasi diri pada anak.

  7. Kurang Percaya Diri
  8. Wajar jika anak memiliki kekhawatiran saat berhadapan dengan hal yang baru, tapi Mom wajib curiga saat ia mengatakan dirinya kurang pintar. Dorongan hatinya mungkin akan menyuruhnya berlari dan bersembunyi ketimbang meminta pertolongan.

    Yakinkan anak bahwa setiap orang belajar dengan cara yang berbeda. Selain itu, Mom juga dapat membantu anak mengatasi kesulitannya di sekolah dengan memanfaatkan jasa tutor. Selain memberi cara agar anak lebih memahami pelajaran, ia juga dapat membangun kepercayaan diri dan lebih berpartisipasi aktif di kelas.


    Waspadai tanda-tanda di atas dan jadikan pertimbangan untuk memanfaatkan jasa tutor, demi keberhasilan anak di sekolah.

Explore More

Resolusi Tahun Baru Bagi Para Orangtua

Article- 16 Dec 2015

Trik Mengajarkan Anak Bahasa Asing di...

Article- 27 Feb 2017

Referensi Tempat Kursus Untuk...

Article- 16 May 2013