Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tips dan Trik Membuat Gadget Menjadi Ramah Untuk Anak

Dengan muncul tablet sebagai sarana bermain anak, membuat anak bebas melakukan aneka kegiatan internet hingga mengunduh beragam games serta menjalin pertemanan di media social. Fitur interaktif serta mendidik juga mempunyai sisi berbahaya dengan kebebasan informasi yang bisa di konsumsi anak. Bagaimana cara mom agar bisa membatasi hal ini dan membuat gadget menjadi ramah anak? Simak tip dan trik berikut untuk gadget berbasis iOS, Blackberry dan Android

Featured Story

Jurus Anti Bully

 

 

iOS (iPad, iPhone & iPod touch)

Mom dapat mengaktifkan fitur “Parental control”untuk membuat iOS menjadi ramah anak.

cari fitur Setting à General à Restriction à klik Enable restriction à masukkan 4 digit passcode à pilih fitur mana yang mom mau aktifkan dan mana yang tidak.


 

 

beberapa tips untuk parental control adalah :

- matikan fungsi menginstall aplikasi. Mom tetap dapat mendapatkan aplikasi tersebut dengan install di iTunes dan synchronize ke iOS. 

- Jika mom merasa ini terlalu ribet, mom dapat membatasi instalasi aplikasi dengan rating.

- Matikan fungsi pembelian aplikasi via app store. Mayoritas aplikasi yang ditawarkan pada apple store adalah gratis. Namun mereka menawarkan kegiatan di dalam permainan atau aplikasi tersebut secara berbayar. Dan ketika anak meng-klik ok, maka pembayaran akan tertagihkan kepada kartu kredit mom atau dad saat itu juga.

 

 

BLACKBERRY

Fungsi parental control memerlukan OS 7.1.0.402 keatas. Cara mengaktifkan : Options  à Security à Parental Controls 

 

 

Klik Enable untuk mengaktifkan fitur ini. Lalu akan tampil fitur apa saja yang mau mom aktifkan atau non aktifkan. Mulai dari telepon. SMS, file sharing via Bluetooth, Facebook hingga BlackBerry Messenger.

 

 

 

Setelah selesai memilah dan memilih, tekan tombol MENU dan pilih SAVE. Lalu masukkan 4 digit password untuk akses Parental control. Sekedar catatan, password hanya bisa di reset dengan wiping dan restore OS handset mom.

 

 

 

 

ANDROID

Filterisasi via Google Play app :

Klik icon Google Play, tekan tombol menu, pilih setting di option, scroll ke bawah hingga ke user controls, pilih “Set or Change PIN” pilih set a pin untuk membatasi akses ke setting, lalu pilih “content filtering” , pilih aplikasi mana yang bisa di download atau tidak dari tingkat rating. Klasifikasi di tentukan dalam 4 level :

 

1. Everyone

2. Low maturity

3. Medium maturity

4. High maturity

 

Selain membatasi download aplikasi via Google Play, mom juga bisa download Aplikasi Android Parental Control seperti Kids Place – Parental control [Free] atau Funamo Parental Control [Free]

Kamilia Saharani
trima kasih infonya
Widia Purnawita
penting sekali infonya untuk aku dan anakku.makasih ya ibu dan aku
Explore More

Yoga untuk Anak

Article- 16 Feb 2016

Alergi dan Intoleransi Makanan pada Anak

Article- 18 May 2015

Pentingnya Kebersamaan Keluarga

Article- 10 Jun 2016