Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tips Jitu Dukung Bakat Seni Anak

Bakat pada setiap anak memang berbeda-beda, salah satunya kemampuan menciptakan karya seni. Ada yang menunjukkan kemampuan menyanyi, melukis, menari, hingga berakting. Jangan hanya dibiarkan terpendam begitu saja, tapi berikan dukungan dengan cara-cara berikut ini untuk menghasilkan prestasi yang gemilang.

Featured Story

Sopan Santun Saat Bertamu harus Diajarkan, Ini Cara-Caranya!

  1. Membicarakannya Bersama Anak
  2. Cara pertama yang cukup mudah dan efektif untuk membuat anak lebih bersemangat dalam mendalami seni adalah mengembangkan antusias dalam dirinya. Bicaralah tentang karya seni, dimulai dari rumah Mom sendiri. Jika di rumah memang tidak memiliki lukisan atau patung yang punya nilai tinggi atau sejarah penting, diskusikan tentang hal-hal yang dilihat di sekitarnya.

    Berjalan-jalan dengan melihat bangunan yang ada di sekitar dan membicarakan apa yang anak sukai dan yang tidak, mulai dari warna dinding, hiasan yang ada, hingga bentuk bangunannya.

  3. Menyediakan Fasilitas
  4. Dorong minat anak pada seni dengan menyediakan bahan dan tempat untuk mengasah kemampuan seninya. Krayon, modeling clay, potongan kain dan pita, berbagai jenis kertas, dan benda-benda yang ditemukan di sekitarnya seperti kerang, ranting, dan kancing, dapat digunakan untuk membantu anak-anak membuat karya seninya sendiri.

    Berikan tempat khusus untuk ia bekerja seperti meja lipat, meja belajar, dan laci atau rak untuk menyimpan bahan. Membuat karya seni memang bisa membuat ruangan jadi berantakan, tapi jangan dilarang karena cara ini dapat mendorong kreativitas anak. Cukup berikan celemek untuk menutupi baju atau badannya, lalu kain atau kertas untuk menutupi permukaan meja atau lantai.

  5. Berikan Kebebasan Berekspresi
  6. Izinkan anak-anak untuk memiliki kebebasan dalam mengeksplorasi ide yang dimiliki dan melakukan apa yang diinginkan. Mom dapat membantu anak hanya dalam mengemukakan ide asli dan mengembangkannya,misalnya membuat coretan di selembar kertas dan minta anak untuk menggunakannya sebagai awal gambar.

    Saat anak membuat suatu karya, jangan terlalu mengkritiknya, jadilah pribadi yang positif dan beri pujian dengan tulus. Jika perlu ajukan pertanyaan pada anak sehingga ia merasa mendapatkan perhatian dan mengembangkan kemampuannya.

  7. Dukung Partisipasi Anak pada Kegiatan Sekolah Atau Ekstrakurikuler
  8. Ada beberapa sekolah yang memasukkan seni sebagai bagian penting dari pembelajaran anak-anak. Mom dapat mendukung partisipasi aktif anak misalnya mengikuti pelajaran mewarnai, menyanyi, hingga mengikuti lomba atau pentas sekolah.

    Mom juga bisa melihat lingkungan sekitar Mom seperti museum seni lokal atau pusat kebudayaan yang sering mengadakan acara maupun program liburan yang berhubungan dengan seni. Selain itu, mengajak anak untuk melihat pagelaran atau pameran lukisan juga bisa dijadikan cara untuk mengasah kreativitas dan bakat seninya.

    Ada banyak cara yang bisa Mom lakukan untuk membantu anak meraih prestasi di bidang seni. Selamat mencoba!

Explore More

Tips Mengajarkan Anak “Siap Kalah”

Tips & Trick- 08 Dec 2014

Wisata Alam Ke Pegunungan Bogor

Article- 09 Jul 2013

Dukung Kegiatan Positif Anak

Article- 25 Jan 2017