Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

TIPS menghadapi sekolah baru

Setiap anak mempunyai reaksi yang berbeda-beda terhadap suatu hal yang baru. Ada yang malu-malu, takut, menangis dan ada yang cuek. Sebagai orang tua , mom tentu tahu yang terbaik untuk anak mom. Agar lebih lancar dalam menghadapi hari pertama sekolah, berikut ada beberapa tips untuk membantu mom dalam persiapan hari pertama sekolah:

 

1. Berkenalan dengan lingkungannya sekolah.

Ajak si kecil melihat sekolah barunya sebelum hari sekolah. Jika memungkinkan, kenalkan dengan gurunya. Tunjukkan suasana kelas, tempat bermain, toilet, tempat mom akan mengantar & menjemput dia.

 

2. Libatkan si kecil dalam persiapan sekolah.

Mulai dari berbelanja persiapan Alat sekolah hingga perubahan jam bangun tidur sehingga tidak terburu-buru dalam persiapan hari sekolah


3. Jaga kesehatan si kecil

Jelang memulai hari sekolah, pastikan si kecil dalam kondisi sehat agar ketika menjalani minggu pertama sekolah, kondisi badannya fit dan bersemangat. Berikan anak sarapan bergizi sebelum berangkat sekolah, agar lebih konsentrasi mengikuti kegiatan belajar.

 

4. Temani anak ke sekolah dengan batas waktu.

Ketika si kecil memasuki sekolah dasar, merupakan transisi yang cukup besar untuk dia. Namun temani dia hanya di hari pertama saja dan mulai lepas si kecil dan berikan kepada gurunya. Apalagi jika si kecil sudah mulai masuk SMP, beri batasan antar jemput hanya di minggu pertama, selanjutnya mom bisa latih kemandirian anak dengan mengikutkan dia dengan antar jemput sekolah.

Uuk Ukaesih
sangat bermanfaat sekali nih...alhamdulilah anak2ku termasuk yg mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya
Bundanya Thyan
Saya dan suami termasuk keluarga yang sering berpindah karena tuntutan pekerjaan...
Explore More

Ketika Anak Melakukan Kesalahan Meskipun...

Article- 02 Sep 2014

Cara Menyenangkan untuk Mengasah Aspek...

Tips & Trick- 07 Oct 2015

Memilih Mainan yang Edukatif dan Aman...

Tips & Trick- 23 Sep 2016