Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Tokoh Inspiratif Bagi Anak

Perkembangan anak dalam keseharian kerap meniru sekitarnya. Apa yang ia lihat, maka itu pula yang ia ikuti. Tak terkeciuali tokoh kesukaan yang dapat mengispirasinya untuk melakukan sesuatu. Tokoh ini, baik itu pahlawan super atau puteri negeri dongeng, dapat Mom jadikan sebagi motivator bagi anak untuk belajar, lho!

Featured Story

Tips Tanamkan Rasa Nasionalisme pada Anak

  1. Memicu motivasi lewat imajinasi
    Anak-anak biasanya ingin sekali menjadi seperti tokoh kesukaannya. Misalnya ia suka dengan Iron Man, maka biasanya ia kerap berimajinasi menjadi seperti Iron Man. Mom dapat memotivasi buah hati bahwa bila belajar dengan rajin ia dapat menciptakan berbagai hal untuk menolong orang banyak di kemudian hari seperti Iron Man. Beri pula pujian, ungkapkan bahwa ia adalah pahlawan super yang sebenarnya bagi Mom.

    Apabila anak belum memiliki tokoh yang benar-benar dikaguminya, Mom dapat memperkenalkan kepadanya tokoh-tokoh yang layak untuk jadi inspirasi. Mom dapat mengenalkan tokoh-tokoh kartun yang memiliki nilai edukasi dan bisa menginspirasi anak sesuai karakternya. Selain film kartun Mom juga bisa mengilhami buah hati lewat tokoh olahragawan seperti atlet sepak bola Leonel Messi atau Christiano Ronaldo. Atau bahkan cendekiawan dan tokoh-tokoh bangsa!

  2. Kriteria tokoh inspiratif yang cocok bagi anak
    Menentukan tokoh inspiratif yang cocok bagi anak menjadi salah satu tugas Mom, karena anak masih belum bisa menyaring mana yang baik atau tidak bagi dirinya. Mom dapat memilih berdasarkan beberapa kriteria, diantaranya adalah tokoh favorit atau inspiratif tersebut membawa pesan moral yang baik.

    Kriteria lainnya, tokoh tersebut tidak memiliki muatan kasar yang dapat ditiru oleh anak. Lalu Mom juga harus melihat apakah tokoh tersebut memiliki karakter percaya diri, membela kebenaran, mau belajar dan, tidak melanggar norma-norma kesusilaan.

    Kriteria tersebut sangat penting untuk Mom perhatikan, karena banyak sekali tokoh-tokoh film maupun komik di jaman sekarang yang tidak membawa pesan positif dan tidak membentuk anak kepada perkembangan yang positif. Meski itu tokoh kartun sekalipun.

  3. Bimbing anak dalam mengagumi tokoh favoritnya
    Memiliki tokoh inspiratif dapat berdampak baik sekaligus buruk bagi anak bila Mom tidak melakukan pengawasan. Memang banyak nilai positif yang dapat diambil dari para pahlawan super yang ia tonton, tapi bagaimana pun itu hanya rekaan. Tidak semua aksinya dapat ditiru, seperti melompat dari ketinggian dan mendarat dengan selamat. Selalu awasi buah hati, ya, Mom!
Lily Aguslianawaty
Setuju min..
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Waspada Modus Penipuan “Anak Kecelakaan”

Article- 21 Aug 2013

Jangan Larang Anak Berbicara dengan Orang...

Article- 16 Feb 2016

Kapan Bawa Anak Muntah ke Dokter?

Article- 12 Dec 2017