Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Trik Mengajarkan Anak Bahasa Asing di Rumah

Sering merasa kagum mendengar anak yang fasih berbahasa asing? Belajar bahasa asing seperti Inggris dan Mandarin memang disarankan untuk dimulai sejak dini, karena kemampuan anak yang lebih mudah menyerap dan juga meningkatkan kecerdasan otak.

Featured Story

Apa Cita-citamu, Nak?

Tidak perlu memaksanya untuk mengikuti kursus di luar jam sekolah kok, Mom bisa mendukung proses belajar bahasa dengan beberapa langkah sederhana berikut ini.

  1. Gunakan Media Pendukung

    Penting bagi Mom untuk menciptakan suasana belajar yang santai dan menyenangkan, sehingga anak terpicu untuk belajar bahasa asing. Manfaatkan media yang membuat proses belajarnya terasa lebih mudah. Mulai dari buku bergambar, video, lagu-lagu, atau acara TV yang memang ditujukan untuk anak-anak.

    Jangan lupa untuk mendampingi anak-anak untuk memberikan pengertian dan pemahaman, yang dapat membuatnya kemampuan berbahasanya cepat meningkat.

  2. Fasih Berbahasa di Rumah

    Bisa karena biasa. Kalimat ini dapat Mom pegang sebagai cara mengajarkan bahasa asing pada anak. Sebelumnya, pastikan diri memiliki kemampuan yang cukup untuk menggunakan bahasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

    Buat anak tertarik dengan aktivitas yang menyenangkan, misalnya ikut bernyanyi lagu favoritnya atau membacakan buku dalam bahasa asing. Jangan takut dicap cerewet dengan mengajaknya mengobrol di mana dan kapan pun. Semakin sering terekspos bahasa asing, makin pesat juga kemampuannya dalam menguasai bahasa kedua.

  3. Beri Label Barang-Barang

    Salah satu cara mudah untuk membiasakan anak berbahasa asing adalah dengan menempelkan label-label pada barang-barang yang ada di rumah. Mom dapat memulai dari kamarnya, misalnya tunjuk meja, boneka, atau mainan lalu minta anak untuk mengucapkan dalam bahasa asing. Begitu juga saat melibatkannya di dapur, beri stiker pada toples-toples berisi bahan dapur dan ajak anak untuk menyebutkannya satu per satu.

    Selain di rumah, Mom juga dapat melakukan hal yang sama saat sedang berjalan-jalan di pasar atau pusat perbelanjaan. Tidak hanya mendukung kemampuan berbahasanya, cara ini juga dapat meningkatkan konsentrasinya dan menjauhkannya dari kebosanan saat berada di luar rumah.

  4. Bermain Drama

    Ingin anak cepat menyerap bahasa asing? Masukkan saja dalam permainan yang menyenangkan, salah satunya adalah dengan bermain drama. Libatkan anak untuk memilih topik, mulai dari bermain sebagai koki, dokter, atau bahkan bertukar peran menjadi Mom. Tekankan penggunaan bahasa asing dalam permainan dan tanggapi obrolannya dengan santai dan penuh tawa.

Selain mengandalkan pada lembaga kursus bahasa asing, Mom dapat melatih kemampuan anak berbicara dalam dua bahasa dengan memasukkan trik-trik ini dalam kehidupan sehari-hari. Selamat mencoba!

Yuliana Yoeli
artikel nya bagus sekali
Fitriamarieindarto Goodmorning
Coba yuk
Explore More

Kenali Perubahan Fisik yang Disebabkan...

Article- 24 Jan 2017

TIPS n Trick Packing Untuk Liburan

- 19 Dec 2012

Balita Belajar Memakai Baju dan Sepatu...

Article- 05 Aug 2014