Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Ubah Kelemahan Menjadi Kemenangan

Baik orang dewasa maupun anak-anak mempunyai sifat yang menjadi kelemahan dirinya dan ada juga sifat yang membawa ke kemenangan. Sifat kelemahan entah itu sifat ragu-ragu, pesimis, berprasangka buruk dan masih banyak lagi. Namun sifat -sifat ini bisa dirubah menjadi hal yang positif dan menjadi kekuatan dengan mengubah cara pandang.

Featured Story

Apa Cita-citamu, Nak?

 

Menurut Alan Downs Ph.D.,dalam bukunya The Half Empty Heart: A Supportive Guide for Breaking Free From Chronic Discontent, mayoritas orang cenderung lebih memikirkan kelemahan ketimbang fokus pada kekuatan-kekuatan mereka. Dan buku ini bisa menjadi bahan bacaan yang bagus untuk Mom agar semakin kenal dengan diri sendiri dan mampu mengubah semua rasa keputusasaan menjadi kekuatan untuk bangkit kembali.

 

Ingatkah Mom ketika mempunyai anak pertama, Mom sering bingung bagaimana menghadapi bayi mungil yang ada di pelukan Mom? Kenapa dia menangis terus? Atau rasa bersalah Mom ketika ASI Mom tiba-tiba terhenti? Atau kenapa sulit membagi waktu antara profesi pekerjaan dan waktu berkualitas bersama anak? Semakin Mom terus mempertanyakan berbagai kekurangan yang berhubungan dengan keluarga, semakin kusut pikiran Mom. Padahal segala kekurangan dalam diri kita, bisa diubah menjadi kemenangan. Dari pada hanya meratapi segala kekurangan ini, lebih baik Mom mengubah mindset dan menjalani proses perubahan diri.

 

Dimulai dari menerima kelemahan diri yang dimiliki. Dengan menerima kelemahan diri, selanjutnya Mom akan lebih mudah mengubah hal tersebut menjadi kekuatan. Selanjutnya cari solusi dengan mencari cara untuk berubah. Hal apa yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Misalnya, kelebihan berat badan bisa dengan berolahraga dengan giat. Terdeteksi kolesterol tinggi? Mulailah mengubah pola makan dengan makan makanan sehat. Lalu ketika Mom sudah berhasil melakukan perubahan, jangan pernah berhenti melakukan perubahan  dan terus bertahan. Karena, merubah sesuatu yang sudah melekat begitu lama dalam diri tentu tidak mudah dan tidak nyaman. Namun Mom juga harus fokus pada kelebihan agar rasa bersyukur kepada Tuhan Yang maha esa semakin besar. Ingatlah, dibalik kelemahan tersimpan kekuatan yang tak terkira. Dan sering-seringlah memotivasi diri agar pikiran lebih banyak dipenuhi hal positif dari pada hal negatif.

 

Ketika pikiran Mom dipenuhi hal positif, dalam mendidik anak pun Mom akan jadi lebih bijak dan tenang. Sehingga anak pun tumbuh menjadi pribadi yang ceria dan matang.

 

Widia Purnawita
Nice info,aku pernah punya pengalaman yg sama ketika anak kedua lahir..awalnya sangat dilema menghadapi si sulung,tapi karena motivasi dari ortu dan suami buatku semangat untuk berjuang menjadi ibu yg baik untuk mereka :)
Puji Suprihatin
poin yg aku bs ambil berarti : menerima kelemahan diri sendiri dan jangan pernah berhenti melakukan perubahan dan terus bertahan,fokus pd kelebihan dan memotivasi diri, senyum semangatttt........
Explore More

Jurus Anti Bully

Tips & Trick- 26 Jul 2016

Cara Mudah Menghadapi Anak Pendiam

Article- 30 Jan 2017

5 Cara Mudah Mengatasi Anak yang Susah...

Article- 01 Feb 2017