Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Mulai Hidup Sehat dan Bersih dari Mencuci Tangan

Mencuci tangan merupakan kemampuan menjaga kebersihan paling sederhana yang bisa dilakukan anak-anak. Semakin dini kebiasaan ini ditanamkan, pertahanan yang dimiliki dari kuman dan bakteri penyebab penyakit pun semakin besar.

Featured Story

5 Cara Mudah Mengatasi Anak yang Susah Minum Obat

Bermodalkan air dan sabun, rutinitas ini dapat menjauhkannya dari risiko penyakit flu dan gangguan pencernaan yang sering dialami, terutama saat musim hujan. Yuk Mom ajarkan dengan cara-cara mudah dan sederhana ini.

  1. Barengi dengan Nyanyian

    Untuk menjaga kebersihan tangan, para ahli kesehatan merekomendasikan mencuci tangan setiap kali keluar dari kamar mandi, setelah menyentuh binatang peliharaan, atau sebelum menyentuh makanan. Untuk menyingkirkan 90 persen kuman, anak perlu mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik. Agar tidak bosan, lakukan kegiatan ini sambil menyanyikan lagu kesukaannya sambil sedikit menggoyangkan badan. Seru deh!

  2. Mengikuti Chart

    Di awal-awal, anak mungkin kesulitan untuk mengingat untuk mencuci tangan setiap selesai melakukan aktivitas, seperti bermain. Untuk mengingatkannya, Mom dapat membuatkan chart atau grafik dan menggantungkannya di dekat wastafel atau bak cuci tangan.

    Setiap kali ia selesai mencuci tangan, minta anak untuk menempelkan stiker atau mencoretnya dengan spidol warna-warni. Tidak harus menjanjikan hadiah, tapi anak-anak biasanya sudah merasa bangga dengan hasil yang didapatkan.

  3. Produk Sabun yang Menarik

    Libatkan anak untuk memilih sabun yang disukainya, untuk menunjang rutinitas mencuci tangan. Tapi Mom harus menekankan pentingnya memilih produk yang sesuai dengan kulit anak yang masih sensitif dan rentan iritasi.

    Ada berbagai bentuk yang bisa dipilih, mulai dari jel, cair, hingga foam yang juga tersedia dalam aneka warna atau aroma yang wangi. Gunakan air hangat yang lebih efektif membasmi kuman dan bakteri, serta sediakan kain handuk untuk mengeringkan tangannya dari sisa-sisa air.

  4. Bacakan Buku yang Berkaitan dengan Mencuci Tangan

    Selain melakukan berbagai trik seru ini, Mom tetap wajib memberikan informasi yang tepat dan lengkap tentang pentingnya mencuci tangan. Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, jika perlu dukung dengan media seperti buku yang mengangkat topik menjaga kebersihan tangan. Anak akan semakin tertarik jika menggunakan tokoh karakter kesukaannya, seperti binatang, putri, hingga superhero.

    Mencuci tangan tidak hanya wajib dilakukan untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit, tapi juga mencegah penyebaran penyakit, terutama flu yang sering menyerang di musim hujan. Jangan sampai flu, batuk, dan pilek mengganggu aktivitas anak lho Mom. Sediakan selalu OBH Combi Anak dengan formula yang dirancang khusus untuk anak dan memiliki rasa buah segar yang jadi favoritnya.

Fitriamarieindarto Goodmorning
Harus beritahu si kecil pentingnya cuci tangan nih
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Anak Wajib Lapor Ketika Bepergian

Article- 18 Aug 2014

Dokter Keluarga, Apakah Mom...

Article- 06 Jan 2017

Mengenal Sejarah Keluarga

Article- 14 Jul 2015