Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

10 Ide Untuk Akhir Pekan Seru di Sekitar Rumah

Sering menghabiskan waktu berakhir pekan bersama anak di mall? Jika iya, sebaiknya segera kurangi aktivitas demikian. Karena, anak Mom juga membutuhkan aktivitas seru lain yang dapat memperkaya pengalaman belajar dan bermainnya.

Featured Story

Serunya Merayakan Tahun Baru Bersama Keluarga

Banyak, kok, kegiatan menyenangkan yang bisa Mom lakukan bersama anak, baik di dalam maupun di halaman rumah. Berikut ini 10 ide kreatif untuk quality time seru bersama anak Mom di rumah. Dijamin akan lebih murah, lebih fun, dan lebih berkesan.

 

  1. Melukis di atas kaos
    Kegiatan ini pasti mengasyikan. Beri anak kaos miliknya yang sudah tidak dipakai. Selanjutnya minta ia untuk menggambar obyek apa saja dengan menggunakan warna yang disukainya. Kegiatan ini bermanfaat untuk menstimulasi imajinasi, motorik halus, dan estetikanya.
  2.  

  3. Bersepeda
    Bersepeda di pagi atau sore hari yang sejuk tak hanya membuatnya senang, tubuhnya pun menjadi lebih bugar. Bersepeda juga bagus untuk berlatih konsep keseimbangan, koordinasi mata, dan menjadi cara yang efektif untuk mengenalkan cara berlalu-lintas.
  4.  

  5. Memetik buah
    Jika Mom memiliki pohon berbuah di halaman rumah, ajak saja anak Mom memetik dan menikmati buah yang sudah masak. Memakan mangga atau belimbing langsung dari pohonnya pasti menyenangkan dan penuh kesan. Kegiatan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengajarkan anak mengenal buah dan proses pertumbuhannya. Sehingga ia tahu bahwa ternyata buah juga perlu perawatan, diberikan makan dan minuman, sama seperti dirinya.
  6.  

  7. Memasak
    Libatkan anak dalam aktivitas memasak. Mom hanya perlu mengajarinya untuk tugas yang ringan saja, seperti mencuci buah dan sayur, mengocok telur, mengambil bumbu atau mengaduk adonan, dan memberi topping. Kegiatan ini akan mengenalkan anak pada proses kimiawi, dari mentah menjadi matang. Juga, mengenalkan aroma dan tekstur aneka bahan makanan.
  8.  

  9. Karaoke
    Kegiatan mengasyikan yang satu ini tak hanya membuat anak gembira. Berkaraoke juga dapat menstimulasi kepercayaan diri dan kemampuan seninya. Untuk lebih memancing canda-tawa, minta ia bernyanyi sambil berjoget seperti penyanyi idolanya.
  10.  

  11. Merawat dan memanjakan hewan peliharaaan
    Hewan peliharaan bisa menjadi teman yang menyenangkan bagi anak. Selain itu, dapat membantu anak berinteraksi. Akhir pekan ini, yuk, ajak anak Mom & Dad agar lebih menyayangi hewan peliharaan dengan mengajari cara merawat, mulai dari membersihkan bulu, memberi makan, serta membersihkan kandang dan perlengkapan makannya.
  12.  

  13. Pasar tradisional
    Ayo ajak anak Mom ke pasar. Di sana ia bisa belajar mengenal aneka tekstur bahan makanan seperti ikan, buah, dan sayur mayur. Selain itu, dirinya juga akan menghirup berbagai aroma bumbu dan bahan makanan. Mengunjungi pasar tradisional efektif untuk mengenalkan anak pada berbagai makanan tradisional seperti cendol, onde-onde, tiwul, dan sebagainya.
  14.  

  15. Barbeque
    Asyiiik… Barbeque-an! Kegiatan ini memberi anak kesempatan untuk memahami proses makanan menjadi matang dengan cara menyenangkan. Untuk itu, ajarkan ia cara mengipasi bara dan membolak-balikan makanan yang dipanggang. Aroma panggang pasti akan membuatnya penasaran sekaligus merasa kelaparan.
  16.  

  17. Berkebun
    Siapkan bibit, biji, pot, atau lahan untuk menanam aneka ragam tanaman. Tunjukkan bagaimana menggali tanah, menanam, atau menabur bibit. Kegiatan ini mengasah motorik kasar, mengenalkan proses, dan sebab akibat.
  18.  

  19. Permainan tradisional
    Free play, itulah istilah untuk semua permainan tradisional. Sayangnya saat ini jenis permainan ini sudah semakin jarang dilakukan. Nah, supaya anak dapat merasakan sensasi permainan tradisional ini, yuk, ajak anak Mom memainkannya. Petak umpet, tap jongkok, atau tap benteng bisa menjadi pilihan menyenangkan.
  20.  

Jadi, sudah siap untuk keseruan liburan akhir pekan dirumah? Jangan ke mall terus ya, Mom.

Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Perkembangan Kecerdasan Bahasa Pada Anak

Article- 06 Jun 2014

Referensi Tempat Kursus Untuk...

Article- 16 May 2013

Membuat Itinerary Bersama Anak

Tips & Trick- 16 Dec 2013