Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Aktivitas Fisik Asyik Buat Anak Tanpa ke Luar Rumah

Cuaca mendung dan suhu udara yang rendah membuat anak memilih untuk bersantai di atas sofa hingga meringkuk di atas tempat tidur. Sekali dua kali, Mom bisa memakluminya, tapi jika terlalu sering justru membuat tubuhnya malas bergerak. Untuk menjaga anak-anak tetap aktif, ada beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan dalam rumah, walau dengan luas yang terbatas.

Featured Story

Jadikan Tempat Wisata di Indonesia ini Tujuan Liburan Anak

  1. Pesta Dansa

    Terkadang lebih mudah untuk memikirkan kegiatan bagi anak-anak di luar rumah. Jika cuaca sedang kurang bersahabat, baik hujan maupun sinar matahari yang terlalu terik, coba ajak anak-anak untuk melakukan pesta dansa. Selain membuatnya menggerakkan seluruh anggota tubuh, menarik juga efektif menghilangkan kebosanan.

    Untuk mengasah kemampuan mendengar, Mom juga bisa menantangnya melakukan freeze dance. Aturannya sederhana, menari saat musik diputar dan jika berhenti orang-orang akan diam di tempat. Selain itu, bisa juga mempelajari beberapa gerakan yang cukup menguras keringat lewat video yang diunggah di YouTube. Tapi sebaiknya tetap awasi dan dampingi sehingga dapat membatasi screen time.

  2. Halang Rintang

    Jika biasanya Mom mengajak anak-anak untuk menaklukkan halang rintang di taman atau halaman rumah, kali ini permainan yang sama juga bisa dilakukan di dalam rumah. Susun mainan balok, bola, untaian pita, atau bantal untuk membentuk halangan dengan kesulitan yang bervariasi untuk dilalui.

    Untuk menambah keseruannya, Mom bisa menambahkan musik atau menggunakan timer untuk melihat anggota keluarga mana yang paling cepat. Tapi ingat, minimalkan risiko kecelakaan seperti tersandung atau terjatuh yang bikin anak bisa terluka.

  3. Bermain Balon

    Balon bisa dijadikan alternatif bermain yang seru di dalam rumah, sekaligus mendorong tubuh untuk bergerak. Untuk anak yang lebih kecil, gantungkan balon lalu biarkan ia melewatinya atau bahkan berusaha melewatinya tanpa menyentuhnya. 

    Sedangkan untuk anak yang lebih besar, gunakan balon untuk pengganti bola di olahraga-olahraga seperti sepak bola, voli, baseball, hingga tenis. Selain bikin anak terus bergerak aktif, Mom pun tidak perlu khawatir barang-barang banyak yang rusak karena terkena bola.

  4. Manfaatkan Buku Cerita

    Siapa bilang buku cerita hanya asyik didengarkan dengan duduk manis atau berbaring sebelum waktu tidur malam? Pilih buku yang memiliki kata yang sering diulang, misalnya kata “hat” saat Mom membaca The Cat in the Hat. Setiap kali kata itu muncul dalam cerita, minta anak untuk melompat.

    Seru-seru kan pilihan beraktivitas di dalam rumah! Mana yang jadi favorit Mom?

Explore More

Bagaimana Jika Balita Mom Hobi Memainkan...

Article- 04 Jun 2013

Perlukan Anak Mengikuti Kegiatan Tambahan?

Article- 27 Feb 2015

Aktivitas Seru di Dalam Ruangan

Article- 23 Dec 2016