Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Biasakan Anak Senang Membaca Sejak Dini

Membaca buku adalah salah satu tahap stimulasi penting yang bermanfaat bagi perkembangan otak anak. Dengan memiliki minat baca yang tinggi sejak dini, seorang anak punya bekal persiapan yang bermanfaat untuk menjalani tahapan akademiknya kelak.

Featured Story

Bantu Anak Konsentrasi Saat Belajar

 

Jika Mom ingin memiliki anak yang cerdas, maka Mom harus mampu menggugah rasa cinta anak Mom kepada aktivitas membaca. 

 

Ada 10 manfaat membaca bagi perkembangan kemampuan kognitif anak. Setelah mengetahuinya, semoga Mom semakin bersemangat menghadirkan dunia membaca yang menyenangkan untuk anak Mom.

 

  1. Ikatan kasih sayang meningkat

     

    Selain menjadi cara ampuh untuk memenuhi kebutuhan belajar, aktivitas membaca juga bisa menjadi cara terbaik untuk mempererat ikatan antara Mom dengan anak. 

     

    Membaca merupakan aktivitas pengasuhan yang akan membawa Mom dan anak merasa dekat satu sama lain. Karena itu, Mom harus menghadirkan momen spesial ini sejak dini, salah satunya dengan rutin membacakan cerita pengantar tidur anak.

     

  2. Menguasai banyak kosakata

     

    Saat Mom membacakan buku, anak banyak mempelajari pola dan ritme suara untuk berbicara, perbendaharaan kata, arti kata dan konteks penggunaannya. Hasil pembelajaran ini jadi makin optimal saat anak mulai membaca buku sendiri.

     

  3. Semangat belajar tinggi

     

    Bila anak sudah memiliki minat baca sejak dini, rangkaian huruf dan kalimat dalam sebuah bacaan akan dianggapnya sebagai permainan. 

     

    Anak sama sekali tak merasa terbebani untuk membaca buku atau mengerjakan tugas sekolah. Karena dilakukan dengan senang hati, anak pun selalu memiliki semangat belajar yang tinggi.

     

  4. Memiliki keunggulan akademik

     

    Anak yang sudah diperkenalkan dengan kegiatan membaca sebelum usia prasekolah, kemungkinan besar dapat menjalani semua aspek pendidikan formal dengan baik dan efektif.

     

  5. Memiliki keterampilan komunikasi yang baik

     

    Membacakan buku kepada anak membantunya untuk mengekspresikan diri dan berhubungan dengan orang lain dengan cara yang sehat. 

     

    Saat menyaksikan interaksi antara karakter dalam buku-buku yang Mom bacakan, Anak Mom mendapatkan keterampilan komunikasi yang berharga.

     

  6. Memberikan pengetahuan baru

     

    Berbagai gambar dan jalinan cerita dalam buku memberikan informasi baru bagi anak. Meski belum pernah melihat secara langsung, ia menjadi tahu seperti apa itu pohon rambutan, tahu bentuk buah durian, atau bagaimana gemuknya perut si beruang salju.

     

  7. Punya kemampuan berpikir lebih logis

     

    Membaca dapat meningkatkan kemampuan anak untuk memahami konsep-konsep abstrak, mengenali sebab-akibat, dan menerapkan logika dalam berbagai situasi kehidupan. 

     

  8. Peningkatan konsentrasi

     

    Rutinitas membaca sejak dini melatih anak meningkatkan konsentrasi dan kesabaran menjalani proses. Kedua hal ini ia dapatkan secara bertahap ketika dirinya selalu berupaya menyimak cerita yang Mom bacakan.

     

    Seiring dengan pemahaman membacanya berkembang, anak memiliki rentang perhatian dan daya ingat yang baik terhadap topik bacaan. Dengan kemampuan ini, anak mempunyai bekal yang tangguh untuk menjalani masa-masa sekolahnya dengan baik.

     

  9. Mengembangkan imajinasi

     

    Kebiasaan membaca juga akan meningkatkan imajinasi dan rasa ingin tahu anak Mom. Imajinasi membuatnya lebih kreatif dalam bereksplorasi dan menyelesaikan masalah yang ia hadapi.

     

  10. Memaksimalkan kecerdasan

     

    Otak anak mendapat banyak stimulus yang berkualitas saat ia menerima, memahami dan menyimpan segala informasi yang disampaikan oleh sumber bacaan. 

     

    Stimulasi ini akan membuat simpul-simpul saraf di otak kian banyak tersambung sehingga kecerdasan anak berkembang dengan baik.

Ahong Liau
Yuk tanaman kebiasaan membaca si kecil sejak dini
Mamanya Chrisna
Yuk budayakan membaca
Explore More

Menjawab 5 Pertanyaan Anak Tentang Puasa

Article- 06 Sep 2017

Ajari Aturan Simple Agar Anak Mau...

Article- 06 Sep 2017

Ciri-ciri Anak Siap Belajar

Article- 05 Aug 2015