Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman Untuk Anak

Suasana belajar merupakan faktor penting yang dapat memengaruhi keberhasilan seorang anak dalam proses belajar. Dengan suasana yang nyaman dan terorganisir, serta didukung proses pembelajaran yang tepat, maka anak akan terbantu memenuhi kebutuhan belajarnya secara efektif. 

Featured Story

Cara Mudah Ajarkan Anak untuk Bersikap Baik pada Hewan

 

Agarprosesnya efektif, Mom perlu mengemas cara belajar secara menyenangkan. Sehingga anak Mom memahami bahwa belajar bukanlah aktivitas yang menakutkan, melainkan sebuah aktivitas yang asyik dan menyenangkan.

Simak beberapa cara menciptakan lingkungan belajar yangnyaman dan kondusif untuk anak belajar. Mom pasti bisa mempraktikkannya di rumah.

 

  1. Kenali tipe cara belajar anak

     

    Berdasarkan riset dari The Center for Student Learning, College of Charleston, AS, setiap anak punya cara belajar yang berbeda. Ada anak yang senang mengamati materi visual berupa gerakan, gambar, atau video. Ada yang lebih suka mendengar dengan aktivitas membaca bersama, dialog, dan diskusi. Lalu, ada yang cenderung taktil atau meminati eksperimen dan demonstrasi. Terakhir, ada juga anak yang lebih suka belajar sambil bergerak.

    Maka, Mom perlu mengamati kecenderungan cara belajar anak Mom. Dari hal itu, Mom dapatmemberikan pengalaman belajar yang optimal kepadanya.

     

  2. Ciptakan suasana belajar yang interaktif

     

    Saat membimbing anak belajar, sampaikan materi dengan berusaha melibatkan interaksi bersamanya. Dengan begitu, anak punya kesempatan menanyakan berbagai hal yang kurang dipahami, sekaligus mendapatkan jawaban yang ia butuhkan. Agar lebih maksimal, praktikkan metode belajar sambil bermain. Pendekatan belajar secara menyenangkan seperti ini memberikan suasana belajar yang positif pada anak Mom.

     

  3. Ajak wisata edukasi

     

    Supaya anak Mom mendapatkan pengalaman belajar yang seru, ajak ia ke berbagai tempat yang memberikan nilai edukasi seperti museum, kebun binatang, kebun raya, dan sebagainya.

    Wisata edukasi sangat dibutuhkan setiap anak dalam memperkaya dan menyegarkan pengalaman belajarnya. Dengan cara ini, anak Mom akan memahami bahwa belajar juga bisa dilakukan di berbagai tempat, dan ada banyak hal yang dapat ia eksplorasi.

    Tapi jangan lupa, Mom, saat berwisata edukasi di luar ruangan ada kalanya cuaca kurang bersahabat. Jika anak Mom sampai mengalami gejala flu dan batuk, OBH Combi Anak Batuk PLus Flu merupakan pilihan tepat untuk memulihkan kesehatannya. Anak pun kembali semangat belajar!

     

  4. Rancang ruang belajar yang kondusif

     

    Suasana lingkungan belajar yang ditata dengan rapi dapat mendukung anak untuk mencerna materi pelajaran dengan baik. Sehingga, Mom perlu menciptakan ruang yang kondusif untuknya. Contohnya mengatur pencahayaan yang sesuai, menempatkan rak-rak yang rendah agar anak Mom bisa mengambil keperluan belajar dengan mudah, warna dinding yang memancarkan nuansa tenang dan optimis, menyediakan tempat untuk memajang karya-karyanya, dan sebagainya.

     

  5. Berikan pujian yang membangun

     

    Boleh saja memuji anak Mom dengan mengatakan, “Wow, gambarmu bagus sekali,” namun akan lebih bermakna jika Mom menambahkan,“Supaya makin ramai, kamu dapat menambahkan awan, lho, sayang.” Kalimat ini meyakinkan anak bahwa Mom benar-benar memperhatikan jerih payah anak. Selain itu, pujian yang membangun juga memberikan penguatan positif yang membuat anak Mom lebih termotivasi.

     

  6. Disiplin jam belajar

     

    Bagaimanapun, aturan-aturan selama kegiatan pelajar perlu diterapkan. Agar aturannya ia rasa menyenangkan, maka Mom perlu membuat kesepakatan dengannya. Tetapkan kapan waktu anak untuk makan, istirahat, belajar, dan bermain. Saat waktu belajar tiba, Mom juga konsisten untuk membimbingnya, tidak menonton tv atau memainkan gadget.Selain mengajarkan disiplin mengelola waktu, metode ini juga baik untuk memberikan teladan yang baik pada anak Mom.

Mumut Fortuna
tips yang bagus nih.
Mitha Estalina
ijin share ya..sangat bermanfaat tipsnya.
Explore More

Pahami 3 Karakter Umum Pada Anak

Article- 30 Jan 2017

6 Cara Memupuk Minat Baca Anak

Tips & Trick- 31 Oct 2016

Alergi dan Intoleransi Makanan pada Anak

Article- 18 May 2015