Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Pererat Hubungan Melalui Tradisi

Jika Jika keluarga diibaratkan kain, benang-benang yang menyusunnya adalah kumpulan tradisi yang terjalin dengan kuat. Tradisi keluarga akan membentuk identitas keluarga yang mengikat setiap anggota keluarga sehingga hubungan di antaranya makin erat. Mom, dari sekarang ciptakan kebiasaan-kebiasaan istimewa yang berkembang menjadi tradisi yang indah. 

Featured Story

Tips Menanamkan Nilai Moral Pada Anak

 

Ciptakan Tradisi Seru

Ide membuat tradisi keluarga bisa dimulai dengan kebiasaan kecil namun rutin. Ini dia beberapa idenya:

1. Sejak kecil biasakan membacakan buku sebelum tidur. Ketika anak telah dewasa dan tak lagi tinggal di rumah, setiap malam ia akan ingat tradisi ini dan merindukan orangtuanya. 

2. Acara seru bersama setiap akhir pekan. Mintalah pendapat masing-masing anggota keluarga tentang ide menghabiskan akhir pekan, lalu tempelkan di kalender dinding. Biarpun acaranya simpel, sekedar marathon nonton DVD atau berenang, namun jika mereka yang membuat idenya pasti akan menyenangkan sekali. 

3. Membawa bekal ke sekolah dan kantor. Selain untuk menjamin keluarga mendapatkan makanan yang sehat dan higienis, masakan Mom pasti punya rasa khas yang akan selalu diingat anak dan Dad. 

4. Liburan keluarga setahun sekali.  Jangan lupa untuk mengumpulkan suvenir khas dari tempat yang dikunjungi lalu simpan di lemari khusus. Setiap kali melihatnya pasti muncul banyak cerita kenangannya. 

 

Tradisi Puasa dan Hari Raya

Bulan puasa dan hari raya merupakan momen yang pas untuk membuat tradisi. Selalu lestarikan tradisi keluarga agar ketika anak tumbuh dewasa, ia rindu pulang untuk berkumpul kembali bersama keluarganya. 

1. Membuat makanan berbuka puasa yang khas

Selain menjalin keakraban saat memasak, resep Mom bisa diturunkan dari generasi ke generasi.

2. Membuat foto keluarga bersama

Setiap hari raya buatlah foto bersama. Perubahan dari tahun ke tahun akan mengingatkan semua kebersamaan yang telah terjalin dan makin memperkuat hubungan keluarga. 

3. Lomba-lomba seru

Agar tampak berbeda dengan keluarga lain, selain bersilaturahmi, isi hari raya dengan lomba kecil-kecilan yang berhadiah seru. Anak-anak pasti antusias.

Sri Puji Rahmawati
moment tradisi saat lebaran yang paling disukai anak-anak
Sri Puji Rahmawati
tradisi baju baru saat lebaran ni yang paling ditunggu si kecil :)
Explore More

Beberapa Cara Mengembangkan Empati Anak

Article- 26 Sep 2014

Bolehkah Sistem Kontrak Berhadiah?

Article- 17 Sep 2014

Ingin Anak Jadi Bintang Olahraga? Beri...

Article- 09 Jan 2018