Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Taman Bermain jadi Tempat Olahraga Seru Buat Anak

Memiliki jadwal harian yang sibuk dan penggunaan gadget di dalam rumah, seringkali sulit bagi anak-anak untuk menikmati waktu di luar rumah. tapi dengan sedikit perencanaan dan kreativitas, mereka akan mendapatkan manfaat bagi perkembangan fisik, mental, dan emosional saat berada di alam terbuka, khususnya di taman bermain.

Featured Story

Jadikan Tempat Wisata di Indonesia ini Tujuan Liburan Anak

Bukan hanya untuk bersenang-senang saja, lho Mom, bisa juga mengajak anak untuk berolahraga dengan memanfaatkan fasilitas yang ada.

  1. Berlari Mengelilingi Taman

    Luangkan waktu bersama seluruh anggota keluarga untuk mengunjungi taman bermain. Sambil berjalan menuju ke sana, manfaatkan kesempatan ini untuk mengobrol hal-hal yang dapat membuat hubungan orangtua-anak semakin akrab, misalnya pelajaran sekolah, hobi, atau gosip terbaru.

    Tingkatkan intensitasnya dengan berlari mengelilingi taman saat melakukan permainan petak umpet atau menemukan harta karun tersembunyi. Bisa juga membuat Olimpiade sendiri, misalnya siapa yang memiliki waktu tercepat atau yang lebih dulu mencapai titik finish.

  2. Bermain Layang-Layang

    Kapan lagi bisa kembali ke masa kecil Mom dan bermain layang-layang? Mumpung ada di taman bermain yang jauh dari keramaian lalu lintas, ajak anak untuk bermain layang-layang. Bisa membeli atau bahkan membuat sendiri, pilih benang yang tidak terlalu tajam sehingga meminimalkan risiko cedera. 

    Berikan contoh bagaimana menerbangkan layangan dan biarkan ia mencoba memegangnya sendiri. Minta mereka untuk berlari sekencang mungkin supaya layang-layang dapat terbang tinggi. 

  3. Main Ayunan

    Bermain ayunan menjadi salah satu aktivitas favorit anak-anak saat mengunjungi taman bermain. Tapi bukan berarti Mom tidak bisa mengajaknya berolahraga bersama. Mumpung ayunan sedang sepi, ajak anak untuk duduk di ayunan dan pegang rantaunya. 

    Angkat kaki sehingga sejajar dengan tanah, lalu silangkan satu kaki di atas yang lain dengan bergantian sambil menjaga keseimbangan. Ulangi 10 sampai 15 kali, lalu lakukan tiga set sebanyak 10-15 pengulangan. Cara ini baik untuk melatih otot perut, pinggul, kaki, serta keseimbangan.

  4. Menaiki Seluncuran

    Selain ayunan, seluncuran juga menjadi sarana bermain yang sering digunakan oleh anak-anak. Memang menyenangkan, apalagi mereka terdorong untuk bergerak aktif dengan menaiki tangga menuju puncak seluncuran. 

    Jika kondisinya cukup sepi, Mom bisa mencoba latihan ini hanya jika kondisinya cukup sepi. Berpegang pada sisi ayunan lalu naik ke atas secepat mungkin, kemudian turuni seluncuran seperti biasa. Ulangi 5-15 kali sekuat mungkin untuk melatih kekuatan lengan dan kaki.

    Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat berada di taman bermain, Yuk, ajak anak bermain!

Explore More

Tips Berlibur Hemat

Article- 09 Jul 2013

Nutrisi Untuk Tumbuh Optimal

Article- 29 Mar 2017

Kurangi kata-kata negatif ketika melarang...

Article- 22 Nov 2011