Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Yuk Libatkan Si Kecil Dalam Bersih-Bersih Rumah

Bersih pangkal sehat. Kalimat ini tepat untuk menggambarkan kondisi rumah yang bersih, akan membuat penghuni di dalamnya tetap sehat. Saat sedang membersihkan rumah, gunakan kesempatan ini untuk melibatkan anak-anak untuk membantu. Selain dapat melatih tanggung jawabnya, anak juga terbiasa dalam melakukan pekerjaan rumah tangga sejak dini. Begini caranya!

Featured Story

Dengarkan Curhat Anak

  1. Memberikan Contoh

     

    Anak yang masih kecil seringkali meniru apa saja yang dilakukan oleh orangtuanya. Manfaatkan kemampuan ini untuk mengajarkannya cara membersihkan rumah. Berikan contoh terlebih dahulu, misalnya bagaimana membersihkan perabotan dengan lap atau menyapu lantai. 

    Tapi jangan harap hasilnya sebersih yang dibayangkan, atau justru menambah pekerjaan Mom. Anggap saja sebagai kegiatan belajar untuk mengenalkan pentingnya menjaga kebersihan rumah.

  2. Menerapkan Rutinitas

     

    Anak yang diberikan rutinitas biasanya berkembang menjadi pribadi yang lebih rajin dan teratur. Tidak ada salahnya menerapkan rutinitas sejak dini dan mulailah dari hal-hal sederhana. 

    Ajarkan anak untuk membuang sampah setelah ia membuka bungkus makanan, merapikan kembali mainannya, atau meletakkan pakaian kotor setelah selesai mandi. Ingatkan terus dengan sabar sehingga lambat laun, anak dapat melakukannya sendiri tanpa harus disuruh.

  3. Memberikan Tugas Sesuai Kemampuan

     

    Jangan sampai anak kewalahan dan kecapekan karena membantu Mom membersihkan rumah. Berikan tugas dan pekerjaan yang sesuai dengan usia dan kemampuannya. 

    Untuk anak yang masih kecil, libatkan ia untuk mengambil baju-bajunya yang sedang dijemur atau menata meja makan. Sedangkan bagi anak yang lebih besar, percayakan hal yang lebih rumit seperti membantu mencuci piring maupun pakaian, hingga menyapu lantai.

  4. Memberikan Pujian Atas Usahanya

     

    Menciptakan suasana yang seru saat membersihkan rumah dapat mendorong minatnya untuk rajin bersih-bersih. Jangan lupa untuk memberikan pujian atas usahanya, apapun hasil yang diberikan. Bisa saja anak justru membuat rumah jadi makin berantakan dan kotor, tapi hargai niat baik untuk membantu Mom dan berikan contoh cara melakukannya dengan benar.

    Hindari menyogok anak untuk bersih-bersih, baik dengan makanan, uang, maupun hadiah mainan. Cara ini justru membuat anak merasa terpaksa untuk membantu dan akan berhenti melakukannya setelah mendapat bayaran. 

    Jadi tunggu apalagi, segera berikan contoh dan buat jadwal membersihkan rumah bersama anak, untuk menciptakan rumah yang bersih dan sehat.

Lo Lie Cu
Perlu coba deh
Lo Lie Cu
Perlu coba deh
Explore More

Si Kecil Suka Mencuri? Hentikan Sebelum...

Article- 30 Oct 2014

Mengenal Permainan Bebas dan Berstruktur

Article- 13 Apr 2015

Duh, Anak Tak Mau Berpisah!

Tips & Trick- 05 Aug 2015